Peran Vital Divisi Keuangan dalam Proses Pembuatan Business Plan

 https://www.pernando413.com/2022/10/peran-vital-divisi-keuangan-dalam.html

Peran Vital Divisi Keuangan dalam Proses Pembuatan Business Plan - Business plan adalah rencana yang harus dibuat oleh perusahaan agar program bisnisnya lebih terarah. Dalam business plan terdapat bagian proyeksi pendapatan dan perencanaan keuangan bisnis. Business plan hanyalah panduan konseptual atau verbal sampai beberapa angka dimasukkan untuk melengkapi perkiraan. 

Bagian keuangan dalam sebuah Business Plan selalu memegang peranan penting, karena keuangan merupakan salah satu komponen yang menentukan kemungkinan pembiayaan semua rencana. Bagian keuangan juga akan menentukan seberapa baik perencanaan keuangan, sehingga dapat digunakan sebagai usulan untuk mengajukan dana tambahan kepada bank dan investor lainnya.

Mulailah dengan Perkiraan Penjualan
Siapkan spreadsheet atau lembar kolom untuk memproyeksikan penjualan Anda selama tiga tahun ke depan. Siapkan bagian yang berbeda untuk jalur dan kolom penjualan yang berbeda untuk setiap bulan untuk tahun pertama, kedua, dan ketiga. Taksiran yang harus Anda miliki sebelumnya di spreadsheet harus mencakup penjualan satuan, harga, x harga satuan, dan biaya satuan.

Buat Anggaran sebelum Proyeksi Rencana Pendapatan Bisnis
Anggaran pengeluaran diperlukan agar Anda memahami berapa banyak keuangan yang diperlukan untuk membuat penjualan. Dalam anggaran biaya ini, Anda biasanya harus membedakan antara biaya tetap, seperti sewa dan gaji, dan biaya variabel, seperti biaya iklan dan promosi. Perkiraan biaya tetap yang lebih rendah dalam business plan menunjukkan resiko keuangan yang lebih kecil.

Kembangkan Laporan Arus Kas
Salah satu hal penting dalam masalah kebijakan investasi adalah memperkirakan pengeluaran uang yang akan diterima dari investasi di masa yang akan datang. Untuk mengevaluasi berbagai alternatif penganggaran barang modal atau investasi, perusahaan harus menentukan arus kas yang sesuai. 

Yaitu data arus kas bersih dari suatu investasi itu sendiri. Analisis arus kas perusahaan dapat digunakan sebagai dasar penelitian untuk melihat sejauh mana kegiatan usaha secara akumulatif dapat menutupi dana yang diinvestasikan untuk menggerakkan kegiatan operasional perusahaan.

Proyeksi Rencana Pendapatan Bisnis
Ini adalah hal yang bersifat untung rugi, dan perkiraan rinci bisnis Anda untuk tiga tahun ke depan. Untuk menghitung proyeksi pendapatan, Anda dapat menggunakan angka-angka yang telah disertakan dalam perkiraan penjualan, pengeluaran yang diproyeksikan, dan laporan arus kas.

Apa Saja Peran Vital Divisi Keuangan dalam Proses Pembuatan Business Plan?

Menghitung Aset dan Kewajiban
Untuk memiliki business planyang baik, Anda harus mengetahui berapa nilai aset dan kewajiban yang masih dimiliki perusahaan. Dengan mengetahui nilai aset perusahaan, Anda dapat memiliki prediksi tentang biaya yang diperlukan. Apakah Anda harus membeli aset baru atau menghilangkan anggaran untuk beberapa item aset karena sudah tidak dibutuhkan lagi oleh perusahaan.

Kemudian Anda bisa mulai mencari tahu apa saja hal yang Anda miliki sebagai kewajiban (liability) yang berarti hutang. Baik dari utang pembelian yang belum lunas maupun dari pinjaman modal usaha itu sendiri. Dengan mengetahui beberapa kewajiban perusahaan, Anda akan mengetahui keuangan yang harus disisihkan untuk menjadikannya bagian dari anggaran pembiayaan.

Analisis Titik Impas
Ketika perusahaan Anda telah melakukan penjualan di tahun sebelumnya dan memiliki perhitungan biaya yang terbukti di titik impas, maka Anda dapat melanjutkan analisis sebagai bagian dari business plan untuk tahun berikutnya karena ini adalah hal yang harus Anda lakukan.

Membuat sebuah analisis titik impas akan sangat berguna jika Anda memiliki rencana untuk mendapatkan dana tambahan berupa investasi dari luar perusahaan. Karena calon investor biasanya selalu ingin tahu bahwa mereka telah melakukan investasi pada bisnis yang berkembang pesat.

Jurnal Membantu Anda Memproyeksikan Pendapatan untuk Business Plan Anda
Memiliki Business Plan sama dengan memiliki rencana keuangan. Untuk memudahkan perhitungan keuangan dalam perencanaan, Anda bisa mulai menggunakan aplikasi stok gudang. Jurnal dilengkapi dengan laporan keuangan yang lengkap mulai dari neraca, laporan laba rugi, arus kas, perubahan modal, aplikasi pajak online, dan lain-lain. Dengan laporan keuangan yang lengkap, Anda dapat memiliki analisis perencanaan keuangan yang lebih tepat dan akurat dalam sebuah rencana bisnis.