Mesin/Engine : Cara Kerja Injektor Diesel

https://www.pernando413.com/2022/08/mesinengine-cara-kerja-injektor-diesel.html

Diesel injector dipakai untuk mengisi bahan bakar solar ke mesin diesel atau mesin penyalaan kompresi. Bahan bakar ini langsung disuntikkan ke dalam mesin dengan bantuan injector yang terpasang di silinder mesin diesel.

Sistem injeksi bahan bakar ini pada dasarnya terdiri dari bagian-bagian berikut, peralatan injeksi bahan bakar atau nozzle dan dudukan nozzle, saluran suplai bahan bakar, katup pemasukan udara dan katup buang mesin diesel.

Fungsi bagian-bagian dari diesel injector yaitu sebagai berikut:

Peralatan untuk injeksi bahan bakar
Setiap silinder dari mesin penyalaan kompresi terhubung ke injektor bahan bakar dan oleh sebab itu setiap silinder mempunyai jalur suplai diesel sendiri yang membawa diesel dari tangki diesel ke mesin diesel. 

Injektor bahan bakar terdiri dari nosel dan dudukan nosel seperti:

1. Jalur suplai diesel
Setiap silinder mesin diesel mempunyai jalur suplai diesel sendiri yang membawa solar dari tangki diesel ke mesin CI.

2. Katup masuk
Peran katup masuk yaitu untuk menyedot udara ke dalam ruang bakar. Udara bercampur dengan diesel kental sehingga memperkuat pembakaran.

3. Katup buang mesin diesel
Ini memainkan peran yang penting untuk menghilangkan emisi yang dihasilkan oleh ruang bakar diesel.

Setelah bahan bakar bersentuhan dengan injektor, itu menjadi sangat bertekanan. Tekanan ini dibuat oleh pompa kecil yang terhubung dengan injektor. Pompa kecil ini memungkinkan udara melewati injektor, akibatnya menekan bahan bakar. Bahan bakar bertekanan tinggi masuk serta mengalir ke badan dudukan nosel dan akhirnya masuk ke saluran nosel. Injektor diesel mempunyai katup jarum yang terhubung erat dengan pegas yang terletak di badan injektor. 

Mur kompresi menekankan pegas untuk menghasilkan tekanan pegas dan tekanan pembukaan injektor secara bersamaan. Sesudah katup jarum terbuka, bahan bakar disemprotkan oleh injektor diesel melalui nosel kecil yang terletak di ruang bakar silinder mesin. Gugusan lubang kecil di nosel memastikan distribusi yang sama ke dalam ruang bakar silinder. 

Lubang-lubang kecil tersebut dirancang dan diatur secara khusus untuk memecah bahan bakar menjadi butiran-butiran kecil sehingga mudah terbakar. Selanjutnya, katup pemasukan udara membawa udara ke dalam ruang bakar serta digabungkan dengan diesel yang dipadatkan sehingga mengintensifkan pembakaran. Sekarang katup buang mesin bahan bakar menghilangkan emisi yang dihasilkan oleh ruang bakar bahan bakar. 

Saluran kembali diesel menghilangkan kelebihan bahan bakar diesel dengan membawanya kembali ke tangki bahan bakar dari ruang bakar bahan bakar. Beginilah cara kerja injektor diesel yang kompleks, injektor diesel dikenal sebagai elemen paling rumit dari mesin diesel. Ia mempunyai kemampuan untuk menahan tekanan serta suhu tinggi yang dihasilkan di dalam silinder dan mensirkulasikan jumlah bahan bakar yang sama ke dalam silinder sehingga memastikan kelancaran fungsi mesin diesel yang bertenaga.