Otomotive: Fakta Mengapa Garis Rem Berkarat

   https://www.pernando413.com/2022/07/otomotive-fakta-mengapa-garis-rem.html

Bila garis rem (brake line) berkarat, mengapa di buat dari logam?

Saluran rem pada sistem rem manual mempunyai tekanan 900-1000 psi, sedangkan saluran rem pada sistem rem berbantuan daya mempunyai tekanan 1.400 psi atau lebih, tergantung pada kendaraannya. Garis rem terbuat dari baja atau nikel-tembaga juga terkadang dilapisi dengan polivinilidena fluorida (PVF), sehingga rem bisa menangani tekanan yang diberikan secara memadai. 

Anda harus memakai alat kelengkapan kompresi untuk menyambungkan dua garis menjadi satu atau untuk mengubah dari garis logam (metal line) menjadi garis karet (rubber line) bertekanan tinggi yang menuju ke kaliper.

Mengapa Brake line ( garis rem) berkarat dan mengapa tidak bisa memakai karet

Semua logam cepat atau lambat berkarat. Beberapa seperti aluminium, membutuhkan waktu lama untuk berkarat tergantung pada logam lain yang dicampur. Ketika garis dilapisi dengan PVF, rem bertahan lebih lama. Namun, PVF mempunyai keterbatasan. Pertama, ia hanya mentolerir panas hingga 338°F, meskipun dalam banyak kasus, saluran rem tidak akan pernah melihat panas semacam itu. 

Lapisan ini mentolerir stres serta korosi kimia dengan baik, yang sangat penting di area yang menggunakan garam dan bahan kimia pencairan es lainny, termasuk larutan garam bromin di jalan selama musim dingin. Tali rem karet lebih cenderung pecah atau bocor sebab busuk, kering atau karena batu atau benda tajam lainnya memotong garis. Bila anda berkendara di atas trotoar yang tinggi, anda bisa dengan mudah merusak tali karet atau bahkan menariknya dari kendaraan.

Garis logam kaku, sehingga tidak melorot dan lebih tahan pecah ketika anda menabrak sesuatu dengannya. Selain itu, garis logam sering kali melintang di bagian atas bingkai sebab tidak akan lecet ketika digosok semudah garis karet (rubber line).

Memperbaiki saluran rem berkarat

Anda bisa memperbaiki saluran rem yang berkarat dengan salah satu dari dua cara. Cara terbaik yaitu mengganti seluruh saluran rem. Itu berarti anda memerlukan pipa tabung dan setidaknya dua fitting kompresi, satu untuk setiap ujung baris baru. Saat anda menghapus garis lama, tekuk garis baru di tempat yang sama saat anda menemukan tikungan di garis lama.

Dalam keadaan darurat, anda juga bisa memotong bagian yang berkarat dan menggantinya dengan bagian baru dari saluran rem. Namun, bila satu area berkarat, sisa garis bisa berkarat, dan anda hanya perlu mengganti bagian lain. Untuk setiap bagian yang anda tambahkan, anda melemahkan kekuatan garis di mana mereka terhubung pada fitting kompresi.

Ketika anda melihat garis rem berkarat dan anda mengganti seluruh garis, anda harus menyiram sistem rem, mengganti garis karet dan kemudian mengisi sistem dengan minyak rem baru. Bila ada karat yang masuk ke dalam saluran, bisa mengurangi jumlah minyak rem ke kaliper, sehingga mengurangi efektivitas kerja rem.