Kepemimpinan Dan Kerja Sama Dalam Sebuah Tim

 https://www.pernando413.com/2022/06/kepemimpinan-dan-kerja-sama-dalam.html

Kerja sama tim yang kuat serta positif ditentukan oleh seorang pemimpin yang mempunyai visi juga kemampuan untuk menginspirasi timnya untuk bekerja menuju realisasi visi tersebut. Pemimpin tidak terancam sedikitpun oleh keahlian dan keragaman timnya. Sebaliknya, seorang pemimpin tim yang baik harus melibatkan rekan satu timnya dalam diskusi mengenai seperti apa kualitas itu, apa yang diperlukan dalam melakukan dan menyelesaikan pekerjaan serta memberdayakan anggota tim untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas. 

Mari kita uraikan semua itu menjadi bagian-bagian komponennya. Yang pertama yaitu pemimpin yang didefinisikan dengan jelas. Kita percaya setiap tim harus mempuyai pemimpin. Harus ada seseorang yang bertanggung jawab dan membuat keputusan akhir. Anggota tim bisa bergiliran menjadi pemimpin selama semua orang jelas siapa pemimpinnya pada hari tertentu. Variasi lain dari tema itu yakni menjadikan orang-orang tertentu sebagai pemimpin untuk proyek-proyek yang sesuai dengan bidang keahliannya. Namun dalam setiap acara, tidak ada pertanyaan di antara rekan satu tim siapa yang menjadi pemimpin untuk hari atau proyek itu.

Pemimpin harus memiliki visi

Ini mirip dengan kebiasaan, mulailah dengan tujuan akhir. Seorang pemimpin sejati menciptakan produk akhir dua kali, sekali mentalitas dan kemudian dalam bentuk sebenarnya. Mustahil untuk mengarah pada visi yang kabur. Orang-orang sama sekali tidak terinspirasi untuk mengikuti ketidakpastian. Memiliki visi tidak cukup untuk menginspirasi rekan satu tim untuk berjuang menuju tujuan yang sama. Seorang pemimpin tim yang baik tahu bagaimana membantu setiap rekan satu tim melihat bagaimana produk atau layanan akhir akan berguna dan apa, tepatnya kontribusi individu mereka untuk tujuan itu. 

Komponen lain untuk bisa menginspirasi rekan satu tim yaitu mempunyai misi yang jelas bahwa setiap orang, lebih disukai memiliki bagian dalam pengembangan, tetapi jika tidak, maka setidaknya anggota tim bisa menyetujui misi tim yang sudah ditetapkan sebelumnya. Hal ini menjadi penting pada saat konflik antar anggota tim. Ketika ada perselisihan yang harus diselesaikan, akan sangat membantu bila mempunyai cara yang sudah mapan untuk mengukur solusinya. Solusi selalu dihadapkan pada misi dan apakah itu akan menggerakkan tim lebih dekat atau lebih jauh dari tujuan akhir. 

Keuntungan lain dari mempunyai misi yang sudah disepakati oleh semua anggota tim adalah bisa meningkatkan kerjasama. Salah satu hal yang paling sulit untuk dikelola dalam sebuah tim adalah ego individu. Mungkin ada kecemburuan kecil dan semangat kompetitif yang bisa membunuh kerja sama tim terbaik. Pernyataan misi yaitu cara untuk meminimalkan potensi bencana ini. Misi tetap menjadi fokus yang dibandingkan dengan segala sesuatu yang lain. Tindakan seseorang bisa membantu atau merugikan misi dan ditangani dengan tepat. 

Tujuan kelompok harus selalu ditempatkan di atas keinginan atau ego setiap individu. Kecemburuan serta pengkhianatan tidak mempunyai tempat yang berguna dalam tim. Seorang pemimpin yang baik sama sekali tidak terancam oleh keahlian dan keragaman timnya. Para pemimpin terbaik selalu mencari informasi dari orang-orang garis depan yang melakukan pekerjaan yang sebenarnya. Tanpa informasi dari anggota tim, tangan pemimpin terikat di belakang punggungnya. Sangat di perlukan juga untuk menggunakan anggota tim pada bidang keahlian mereka.

Pemimpin tidak bisa tahu segalanya

Akan ada anggota tim yang mempunyai keterampilan dan kemampuan yang melampaui pemimpin di bidang tertentu. Seorang pemimpin yang baik akan meminta bantuan ketika itu bijaksana. Ini juga merupakan waktu untuk menghargai keragaman, memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang semuanya melakukan pekerjaan yang sama dengan cara yang hampir sama benar-benar tidak ada nilainya. Satu orang bisa lebih mudah melakukan pekerjaan dari pada mengumpulkan tim yang homogen. Nilai sebuah tim berasal dari heterogenitasnya. Mendapatkan umpan balik serta saran dari orang-orang yang melakukan sesuatu secara berbeda akan memicu kreativitas dan kejeniusan tim.

Inilah yang dimaksud dengan dalang

Manfaatkan kekayaan yang sudah ada, akhirnya seorang pemimpin yang baik memegang standar tinggi. Dia tidak meminta timnya untuk menjadi rata-rata atau biasa-biasa saja. Rata-rata dan biasa-biasa saja bisa dengan mudah diganti. Pemimpin meminta timnya untuk secara kolektif melakukan yang terbaik dan ketika mereka selesai, pemimpin meminta mereka untuk selalu berusaha untuk perbaikan terus-menerus.

Pekerjaan tidak pernah selesai

Tim harus selalu mengevaluasi apa yang sudah diterapkan dan merasa nyaman untuk memberikan saran cara untuk melakukannya dengan lebih baik. Sebelumnya, kita menyebutkan bahwa seorang pemimpin yang baik memberdayakan rekan satu timnya. Menciptakan lingkungan yang memuaskan kebutuhan melakukan hal ini. Anggota tim harus rukun serta tahu bahwa pemimpin dan perusahaan mempunyai kepentingan terbaik di hati mereka. Sebuah tim harus merasa penting untuk didengarkan serta dihormati. 

Mereka harus mempunyai kebebasan untuk membuat pilihan dalam konteks tugas mereka dan mereka harus bersenang-senang dalam pekerjaan mereka. Penting juga bagi anggota tim untuk merasa aman, ini berarti bahwa mereka tidak takut dengan cara apapun. Pemimpin tim sangat penting dalam membina lingkungan ini dalam pemberdayaan seluruh tim.