Ketahui Bagian Penting Yang Harus Dilumasi Dengan Rutin Pada Mobil Anda

 https://www.pernando413.com/2022/05/ketahui-bagian-penting-yang-harus.html

Pelumas mempunyai peranan yang penting dalam kelancaran dan keamanan pengoperasian kendaraan. Dengan produk mobil ini, gesekan di mesin akan berkurang, ini juga meminimalkan tingkat keausan yang terjadi setiap kali mobil digunakan. Pelumas juga mengurangi suhu pengoperasian kendaraan serta meminimalkan korosi pada permukaan logam. Oleh sebab itu, agar mesin bisa bekerja dengan baik dan aman dalam jangka waktu yang lama, mesin harus dilumasi pada waktu yang tepat serta dengan kualitas pelumas yang baik.

Namun, selain mesin ada juga bagian dan area lain pada mobil yang bisa sangat diuntungkan dengan pelumasan rutin. Meskipun mungkin membutuhkan jenis pelumas yang berbeda, tidak diragukan lagi bahwa kendaraan anda akan bekerja serta terlihat lebih baik jika bagian dan area tertentu dilumasi secara rutin.

Berikut beberapa bagian dan area penting melakukan pelumasan secara rutin:

1. Engsel dan kait pintu, kap mesin serta penutup pintu belakang
Ini merupakan bagian yang bisa menjadi korban keausan biasa. bila tidak dilumasi secara teratur, bisa mulai mengeluarkan suara mencicit, suara yang tidak menarik di kendaraan. Ahli otomotif merekomendasikan penyemprotan bagian ini dengan semprotan lithium setiap tiga atau empat bulan. 

Menghindari penumpukan pelumas dengan menggunakan kain untuk menyeka minyak berlebih sesudah melakukan ini. Para ahli juga menyarankan pemilik kendaraan untuk menghindari penggunaan pelumas berbahan dasar minyak bumi sebab banyak dari kait pintu mobil mengandung bagian plastik dan resin yang bisa rusak jika disemprot atau diolesi oli.

2. Silinder pengunci pintu dan dek-tutup
Bagian ini sekarang biasanya kurang digunakan dan kurang dirawat sebab sebagian besar kendaraan mempunyai sistem remote jarak jauh. Banyak pemilik mobil hanya menggunakan kunci keras mereka sampai aki mobil atau sistem penjaga tidak berfungsi. Bila bagian ini tidak digunakan, maka akan sulit dibuka dan bahkan bisa mulai berkarat. 

Para ahli mengatakan bahwa pelumas terbaik yang digunakan untuk suku cadang ini yaitu penghilang es yang bisa dibeli di toko suku cadang mobil dan pompa bensin. Semprotkan silinder kunci pintu dan tutup dek dengan sedikit penghilang es setiap tiga hingga empat bulan.

3. Jendela yang dioperasikan secara manual
Terakhir, bila kendaraan anda memiliki jendela yang bisa dibuka dan ditutup secara manual, anda dan penumpang lain bisa lebih mudah dan lebih cepat menutup serta membukanya dengan menggunakan pelumas silikon. Cukup semprotkan pelumas ke saluran tempat kaca mengalir ke atas dan ke bawah. Pastikan untuk merawat area saluran ini di mana ia mengalir ke bawah pintu sebab ini juga akan mencegah kaca dari pembekuan tertutup secara tidak terduga.