Cara Sederhana Untuk Melumasi Bearing (Bantalan) Motor Listrik Dengan Gemuk (Grease)

 https://www.pernando413.com/2022/05/cara-sederhana-untuk-melumasi-bearing.html

Mesin dan kendaraan bergantung pada pelumasan yang tepat sehingga gaya gesekan berkurang. Bila gaya gesekan tidak dikurangi, siklus umur mesin atau kendaraan akan berkurang. Oleh sebab itu, bila anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari peralatan atau kendaraan anda, sangat penting bahwa bantalan rolnya dilumasi secara teratur dan benar.

Saat ini, para ahli motor merekomendasikan kepada pemilik mesin serta kendaraan untuk melakukan pelumasan yang optimal. Pelumasan yang dioptimalkan berarti menerapkan gemuk atau grease baru pada bantalan atau bearing bila diperlukan dan menggunakan  sejumlah dan jenis gemuk yang tepat untuk mengembalikan tingkat gesekan ke tingkat yang dapat diterima.

Untuk melakukan pelumasan yang maksimal dengan benar, berikut beberapa cara penting yang bisa anda ikuti:

Identifikasi kapan perlu melumasi bantalan/bearing
Mungkin sulit untuk mengetahui seberapa sering mengoleskan minyak. Ingatlah bahwa melumasi bantalan, ketika tidak membutuhkan pelumas akan menyebabkannya tidak berfungsi dan juga rusak. Frekuensi pelumasan bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk panas dan kelembaban, dimensi bantalan bola atau bantalan rol, frekuensi penggunaan serta durasi waktu berjalan saat digunakan dan jenis gemuk yang dipakai.

Untuk mendapatkan waktu yang tepat, mengikuti buku petunjuk atau panduan mesin atau kendaraan dan ikuti petunjuk mengenai pelumasan bantalan bola. Namun, anda juga harus bersedia menyesuaikan aturan dengan situasi tertentu, selalu perhatikan pada bantalan juga.

Pilih merek dan jenis gemuk yang kompatibel dengan bantalan dan yang di gunakan sebelumnya
Pastikan jenis gemuk/grease yang anda gunakan cocok dengan gemuk yang mungkin pernah digunakan sebelumnya pada bantalan. Bila mereka tidak kompatibel, kedua jenis bisa bereaksi satu sama lain dan menjadi usang. Anda bisa mendapatkan semacam bagan yang menunjukkan kompatibilitas dari pemasok, namun selalu yang terbaik yaitu menghubungi produsen jenis gemuk tersebut untuk mengetahui apakah keduanya bisa digunakan bersama-sama.

Pilih jenis dan merek gemuk yang tidak menyebabkan bantalan serta mesin menjadi terlalu panas
Peningkatan suhu kabin sebesar 10°C mengurangi harapan masa pakai bantalan/bearing menjadi setengahnya. Oleh sebab itu, pastikan pelumasan anda tidak meningkatkan suhu mesin saat sedang digunakan sebab ini hanya kontraproduktif.

Jangan melumasi bantalan pada mesin atau kendaraan yang tidak digunakan lebih dari dua tahun
Untuk yang selanjutnya ini yaitu cara penting untuk diingat sebab gemuk/grease lama pada bantalan yang tidak digunakan akan mengeras dan bisa mencegah pemerataan gemuk baru dan terkadang memaksa gemuk baru melalui seal.