7 Tips Sederhana Untuk Menghemat Bahan Bakar Mobil Anda

 https://www.pernando413.com/2022/04/7-tips-sederhana-untuk-menghemat-bahan.html

Sering kali kita mengeluh tentang harga bahan bakar, dan hanya sedikit dari kita yang memahami misteri seputar kenaikan serta penurunan biaya yang tampaknya sering terjadi. Namun, ada hal-hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan jarak tempuh, apakah kita mengendarai mobil baru atau yang lama.

Begini tips untuk menghemat bahan bakar ini dan akan menghemat uang anda:

1. Tekanan ban
Agar selalu rajin memeriksa tekanan ban secara rutin, minimal seminggu sekali. Ban yang kurang angin mengakibatkan daya tahan putara yang berlebihan yang mengakibatkan pembakaran lebih banyak pada bahan bakar. Sebaliknya, tekanan ban yang tepat akan mengurangi gaya putaran dan karenanya menggunakan lebih sedikit bahan bakar.

2. Seberapa berat bebanmu?
Masuk akal bila kendaraan anda yang penuh dengan barang-barang, mobil anda harus bekerja lebih keras untuk bisa berjalan, yang berarti akan memerlukan lebih banyak bahan bakar untuk beroperasi. Jelas akan ada saat-saat ketika ini tidak bisa dihindari, namun mungkin ada akumulasi barang di mobil anda yang sebenarnya tidak perlu selalu ada, seperti peralatan olahraga atau rantai ban. Ringankan beban muatan anda sesering mungkin dan dapatkan manfaat dari penghematan bahan bakar.

3. Perhatikan pergerakan kakimu
Jika anda salah satu pengemudi yang suka menginjak pedal gas untuk melakukan manuver cepat, kemungkinan besar anda tidak akan melakukan penghematan bahan bakar. Cobalah untuk mempertahankan kecepatan yang lebih konsisten dan bahkan gunakan kontrol kecepatan saat mengemudi di jalan raya. Kiat-kiat ini akan membantu anda mengonsumsi lebih sedikit bahan bakar dan bahkan mungkin membuat anda sampai di tempat tujuan dalam keadaan yang jauh lebih tenang.

4. Ini semua tentang halus
Ada alasan mengapa jet halus dan melengkung di bagian luar, karena secara khusus dirancang agar udara meluncur, dari pada menciptakan hambatan terhadap aliran udara. Prinsip yang sama berlaku untuk kendaraan anda. Bila anda menumpuk barang bawaan di atap dan membuka semua jendela, udara akan dapat terjebak dan menghambat kendaraan anda, memperlambatnya dan menyebabkannya bekerja lebih keras untuk menjaga kecepatan tetap. Sekali lagi, apapun yang bertentangan dengan efisiensi akan mengurangi penghematan pada bahan bakar anda.

5. Rencanakan perjalanan secara hati-hati
Tahukah anda jika mobil yang dingin akan membakar lebih banyak bahan bakar? Pertimbangkan untuk melakukan semua tugas anda dalam satu perjalanan dari pada melakukan beberapa perjalanan dari awal yang dingin. Kendaraan yang hangat memberikan penghematan bahan bakar yang signifikan dibandingkan yang dingin.

6. Premium dibandingkan bahan bakar biasa
Banyak orang mendapat kesan jika membeli bahan bakar premium meningkatkan penghematan bahan bakar mereka. Ini sebenarnya tidak benar, beberapa penelitian menunjukkan bahwa hanya sekitar 6% dari semua kendaraan di jalan yang benar-benar membutuhkan bahan bakar premium. Bila pabrikan mobil anda tidak merekomendasikan bahan bakar premium, maka anda hanya membuang-buang uang saja.

7. Jadwalkan perawatan rutin
Mempunyai kendaraan anda, dengan melakukan diservis dan dirawat akan bisa membantu mendukung rencana penghematan bahan bakar anda. Bahkan hal-hal kecil, seperti ban yang kurang angin, oli berkualitas buruk atau kabel baterai yang terkorosi bisa mengakibatkan mobil akan bekerja terlalu keras dan pada akhirnya akan menghabiskan uang anda.