7 Cara Yang Benar Menyimpan Mobil Anda Di Garasi Untuk Waktu Yang Lama

 https://www.pernando413.com/2022/02/7-cara-yang-benar-menyimpan-mobil-anda.html

Bila anda berpikir bahwa parkir, kunci, dan lalu pergi adalah semua yang perlu anda lakukan untuk menyimpan mobil, maka anda salah! 

Anda bisa melakukan ini jika ingin meninggalkan mobil yang diparkir selama beberapa jam atau semalam, tetapi melakukan hal yang sama untuk waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan serius pada kendaraan anda. Untuk alasan apapun anda menyimpan kendaraan anda, harus menaruh mobil anda di gudang dan untuk itu mengetahui teknik penyimpanan yang benar adalah penting karena bisa baterai rusak (mati), ban rusak, atau lebih buruk lagi mesin yang rusak ketika meninggalkan mobil anda diparkir jalan atau di garasi untuk waktu yang lama.

Berikut beberapa hal yang perlu anda ikuti sebelum meninggalkan mobil di garasi untuk waktu yang lama:

1. Membersihkan bagian dalam dan luar kendaraan
Membersihkan kendaraan sebelum meninggalkannya dalam waktu lama mungkin terdengar sepele, namun merupakan salah satu langkah penting yang harus diingat. Kotoran burung dan noda air bisa merusak cat mobil jika dibiarkan terlalu lama. Pastikan untuk membersihkan mobil dan juga ban secara menyeluruh. Lapisi mobil dengan bahan pelindung untuk perlindungan tambahan.

2. Ganti oli dan cairan pendingin
Anda bisa melewati langkah ini jika anda akan meninggalkan mobil hanya untuk satu atau dua minggu. Tapi, jika anda memiliki rencana yang lebih lama, maka harus mengganti oli dan cairan pendingin mobil. Kontaminan yang ada dalam oli bisa merusak mesin mobil. Kerusakan akan membuat anda memperbaiki dan membayar tagihan besar di bengkel.

3. Jaga agar tangki bensin tetap penuh
Saat meninggalkan mobil selama lebih dari 30 hari, jaga agar tangki bensin tetap penuh untuk mencegah akumulasi uap air di dalam tangki bahan bakar dan menjaga seal agar tidak mengering.

4. Tetap terisi daya
Keluarkan baterai dan simpan di tempat yang aman untuk menghemat masa pakai baterai. Letakkan mobil di pengisi daya dan jika tidak dapat melepas baterai, cukup lepaskan cabelnya.

5. Hindari penggunaan rem parkir
Ada kemungkinan bantalan rem dan rotor dapat menyatu bila terus bersentuhan untuk waktu yang lebih lama. Lebih baik untuk membeli penghenti ban atau ganjal ban sebagai gantinya.

6. Jaga agar ban tetap mengembang
Mengabaikan ban dan membiarkannya tidak bergerak untuk waktu yang lama akan menimbulkan bintik-bintik datar pada ban. Mengembang ban dan menemukannya dalam kondisi yang lebih baik saat anda kembali menggunakannya.

7. Sebarkan kapur barus di dalam dan di luar kendaraan
Jangan lupa untuk meletakkan kapur barus atau bola kapas yang diolesi minyak peppermint untuk menghindari serangan hewan pengerat seperti tikus.