Apakah Sepeda Motor Kendaraan Staff Perkebunan Sawit Bisa Jadi Milik Pribadi

 https://www.pernando413.com/2021/12/apakah-sepeda-motor-kendaraan-staff.html

Sepeda motor transport

Pada perkebunan kelapa sawit, setiap staff akan mendapatkan kendaraan transport untuk menunjang pekerjaannya yakni seperti sepeda motor. Kendaraan ini yang akan di gunakan oleh seorang staff untuk bekerja di lapangan. Khusus pada asisten teknik, rata - rata melakukan pekerjaan lapangan itu jaraknya jauh - jauh, jadi sangat membutuhkan kendaraan.

Kendaraan transport akan di dapat setelah staff tersebut telah permanen atau telah lulus masa percobaan di lapangan maupun pada pekerjaannya, hasil penilaian datang dari management pusat. Jadi untuk menunggu mendapat kendaraan tersebut, staff baru sementara menggunakan sepeda motor inventaris bekas atau yang di gunakan khusus untuk tamu kebun seperti tim audit lapangan dan tamu lainnya. Jenis kendaraan yang biasa di pakai di kebun seperti honda megapro, honda verza maupun trail kawasaki KLX.

Pada sebagian perusahaan ada yang sudah menyediakan kendaraan baru, pada staffnya yang baru di lapangan. Atau bisa juga dengan sepeda motor bekas yang masih baik sekitar 80% dengan peralihan nama dari pemakai sebelumnya kepada pemakai yang baru. Untuk kendaraan sepeda motor pada beberapa perusahaan, berbeda sistem perjanjiannya. Ada kendaraan transport staff yang hanya bisa di pakai pada semua pekerjaannya namun kendaraan tersebut bukan miliknya tetapi tetap milik perusahaan, artinya tidak bisa menjadi milik pribadi dan hanya sebagai inventaris saja.

Untuk sebagian perusahaan seperti biasanya pada perusahaan besar dan bonafit, kendaraan sepeda motor staff tersebut akan menjadi miliki pribadi dengan masa pengabdian kerja. Dengan perjanjian yakni mengabdi pada perusahaan tersebut selama 4 tahun dan ada juga yang 5 tahun. Sistemnya yaitu dengan pemotongan gaji secara dicicil kepada perusahaan setiap bulan dengan sistem angsuran, pembayaran sepeda motor tersebut biasanya di potong gaji sekitar 25% dari total angsuran bulanan dan bantuan dari perusahaan sekitar 75%.

Pemotongan gaji di lakukan dengan harga angsuran jenis kendaraan sepeda motor staff tersebut. Setelah mengabdi selama 4 tahun maka menjadi milik pribadi staff tersebut. Dan tahun berikutnya akan mendapatkan sepeda motor yang baru lagi atau tergantung pada staff tersebut apakah mengambilnya lagi atau tidak.

Sedangkan untuk biaya perawatan dan minyak kendaraan akan di berikan oleh perusahaan ke pada staff tersebut setiap bulannya. Untuk menunjang semua pekerjaan sehingga kendaraan tersebut selalu dalam keadaan baik. Demikian ulasan mengenai kendaraan sepeda motor staff perkebunan kelapa sawit, semoga menambah pengetahuan bagi pemula yang berminat untuk bekerja di perkebunan kelapa sawit.