Struktur Organisasi Fixed Plant Dan Fungsinya - Pertambangan Batu Bara

https://www.pernando413.com/2021/11/struktur-organisasi-fixed-plant-dan.html 

Di dalam sebuah struktur bagian fixed plat terdapat 2 departemen, yaitu divisi produksi dan divisi maintenance. Untuk divisi produksi yaitu bertanggung jawab pada semua produksi batu bara, mengurusi laboratorium batu bara, pengaturan loading batu bara, penempatan jenis batu bara dan menjaga batu bara dari kebakaran.

Sedangkan pada divisi maintenan bertanggung jawab pada perawatan crusher batu bara juga pada loading batu bara, untuk memuat ke kapal tongkang. Divisi maintenance melakukan pengecekan, service dan penggantian komponen crusher agar terjaga dengan baik. Kali ini hanya membahas mengenai struktur bagian maintenance seperti:

1. Superintendent

Superintendent sama kedudukannya seperti manager workshop, yang merupakan jabatan tertinggi pada divisi maintenance. Bertanggung jawab pada semua administrasi, perbaikan crusher batu bara, loading batu bara, juga pada semua alat berat pendukung beserta trasportasi pada divisi maintenance.

2. Senior supervisor

Senior supervisor maintenance membawahi para supervisor, kedudukannya sama dengan wakil manager, bila superintendent sedang cuti atau berhalangan maka senior supervisor yang mengambil alih pekerjaan dan bertanggung jawab untuk sementara.

3. Supervisor

Supervisor di dalam divisi maintenance ada 4 orang, untuk team mekanik terdapat 2 supervisor untuk shift siang dan shift malam. Sedangkan 2 lagi merupakan bagian elektrikal yang berkerja pada shift siang dan shift malam. 

Supervisor bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan pada jalannya pekerjaan setiap hari, termasuk juga pada bagian administrasi kerja, dan penugasan semua pekerjaan, memastikan semua tim bekerja, aman dan tercapai target harian di lapangan.

4. Planner

Planner memiliki jabatan yang sama levelnya dengan supervisor, namun tugas planner adalah membuat perencanaan pekerjaan berdasarkan laporan kerja dan inspeksi maintenance. Planner merencanakan semua pekerjaan dan berkordinasi dengan supervisor maintenance. Juga bertanggung jawab dalam administrasi kepada superintendent, serta semua speart part dan stok speartpart yang di bantu oleh 2 orang bagian administrasi.

5. Foreman

Foreman merupakan pengawas tim kerja di lapangan baik dalam mengawasi kegiataan semua pekerjaan, pemberi tugas kepada mekanik sesuai instruksi dari supervisor. Seorang forman harus ahli di bidangnya masing - masing, terdapat foreman maintenance, electrikal dan foreman welder atau pengelasan.

6. Kepala Mekanik

Kepala mekanik merupakan tim eksekusi pekerjaan di lapangan, biasanya kepala mekanik membawahi beberapa mekanik dan helper mekanik. Juga termasuk melakukan pekerjaan dan pengawasan pada timnya pada semua yang berkatian dengan pekerjaan.

7. Mekanik

Mekanik merupakan pekerja di lapangan yang bersama - sama dengan kepala mekanik untuk melakukan pekerjaan. Pekerjaan - pekerjaan dilapangan termasuk service semua unit, perbaikan yang kecil maupun yang besar pada semua crusher, unit pendukung juga unit transpor. Mekanik juga di bantu oleh beberapa helper mekanik dalam melakukan pekerjaan.

8. Elektrikal

Elektrikal melakukan pekerjaan pada bagian kelistrikan semua unit dan unit pendukung, termasuk pada pekerjaan high voltage dan elektrikan otomotive. Juga elektrikal melakukan inspeksi dan perbaikan pada semua mes tempat tinggal karyawan dan staff pada divisi fixed plant.