Resiko Kerja Shift Malam

 https://pernando413.blogspot.com/2021/10/resiko-kerja-shift-malam.html

Bekerja dimalam hari atau pekerja shift malam bagi orang yang tidak pernah mengalaminya pasti akan merasa kerjanya santai. Pada hal yang sebenarnya tidak seperti itu, kerja di malam hari itu sangat berat dan juga sangat beresiko sekali. 

Kerja shift malam bedanya dengan shift siang hanya tidak dalam cuaca panas saja dari terik matahari. Pembahasan ini bagi yang bekerja di bagian lapangan saja. Seperti pekerjaan mekanik di pertambangan batu bara, mekanik pabrik pengolahan kelapa sawit juga di industri lainnya.

Bekerja di malam hari itu tantangannya sangat berat seperti rasa ngantuk, nyamuk, cuaca dingin dan resiko lainnya. Meskipun kerja porsinya tidak sama dengan porsi kerja shift siang namun tetap saja kerja malam itu resikonya lebih besar.

Misalnya kerja malam yang paling beresiko yaitu ketika sudah menjelang pagi hari, pekerja shift malam harus bisa melawan ngantuk karena rasa kantuk berat itu sering terjadi diantara jam 2 - 4 pagi. Begitu juga dengan para pekerja di bagian produksi yang masuk shift malam seperti operator alat berat, sopir truk, welder, teknisi elektrik, operator pabrik, semua mengalami hal yang sama di jam - jam rawan tersebut. Sehingga tidak jarang terjadi suatu kecelakaan, meskipun semuanya di dalam bekerja sudah menjalankan sesuai dengan standar operasional prosedur ( SOP ).

Sebagai supervisi atau leader harus meningkatkan pengawasan disetiap pekerjaan yang dilakukan anak buahnya untuk mengurangi kecelakaan atau fatality di jam rawan tersebut. Selalu mengkomunikasikan, mengawasi, menyemangati bawahan yang sedang bekerja agar selalu berhati - hati dalam bekerja di waktu menjelang pagi tersebut.

Beberapa contoh kecelakaan yang sering terjadi di malam hari karena di sebabkan ngantuk seperti tabrakan truk, unit terbalik, personal yang terlindas atau tertabrak unit, kejepit sewaktu bekerja, terjatuh dan sebagainya.

Intinya agar selalu berhati - hati bekerja sehingga aman atau safety juga target kerja tercapai, dengan minim resiko. Bila ada yang pernah mengalami kerja shift malam silahkan berbagi atau sharing pengalaman untuk menambah pengetahuna mengenai kerja shift malam.