Kesehatan dan Keselamatan Kerja Penting Untuk Pekerja

 https://pernando413.blogspot.com/2021/10/kesehatan-dan-keselamatan-kerja-penting.html 

Bekerja memiliki peran sangat penting untuk kehidupan seseorang, di sebabkan banyaknya para pekerja yang setiap hari harus menghabiskan waktunya lebih dari 8 jam perhari di lokasi kerjanya masing masing, seperti di bengkel, kantor, pabrik dan area lokasi kerja lainnya.

Jadi lingkungan wilayah kerja harus bisa lebih aman dan sehat, namun dalam hal segi kesehatan area kerja masih banyak yang belum mempunyainya, sehingga kapan saja akan bisa jadi ancaman bagi kesehatan pekerja, misalnya karena debu, suara, gas, asap, getaran serta temperatur yang tinggi.

Masih banyak peruahaan khususnya di Indonesia yang kurang memperhatikan hal tersebut, hanya sebagian kecil yang memiliki perhatian pada kasus perlindungan kesehatan sehingga hal ini merupakan hal yang serius juga pada keselamatan sendiri di tempat kerja.

Akibat dari minimnya perhatian tersebut, menjadi persoalan dalam keselamatan kerja, kecelakaan juga penyakit yang di timbulkan akibat kasus tersebut. Di perkirakan ada jutaan orang atau pekerja di perusahaan yang mengalami kecelakaan mengenai pekerjaan pertahun di dunia dan ratusan ribu kecelakanaan fatality yang berujung pada kematian.

Aturan kesehatan dan keselamatan kerja

Indonesia sudah memiliki atauran keselamatan kerja yang di tetapkan oleh pemerintah agar perusahaan memperhatikan keselamatan pekerjanya atau yang di sebut K3. Mengenai kesehatan dan keselamatan kerja (K3), adalah perlindungan tenaga kerja dalam hal keselamatan dan kesehatan di area kerja agar lebih aman serta efisien untuk kerja.

Betapa pentingnya keselematan kerja tersebut agar bermanfaat pada keselamatan karyawan dan maksimal dalam berproduksi di perusahaan. Sehingga di buat UU keselamatan kerja no1 tahun 1970, berlaku di semua perusahaan di seluruh Indonesia.

Aturan tersebut di buat dengan tujuan:

* Supaya para perkerja perusahaan maupun semua orang yang berada di lokasi area kerja agar selamat dan sehat dalam bekerja.

* Supaya sumber produksi bisa di gunakan dan lebih efisien.

* Supaya proses produksi bisa berjalan baik dengan tidak mempunyai rintangan.