Part Manual - Alat Berat Jenis Compactor

 https://pernando413.blogspot.com/2021/09/part-manual-alat-berat-jenis-compactor.html 

Compactor CAT CS533E dan Compactor Sakai UNIT SV512D-T-TF-E

Compactor merupakan alat berat yang dipakai pada pekerjaan pemadatan material seperti jalan di lokasi konstruksi untuk mendapatkan hasil yang di butuhkan. Untuk roda depan kompaktor di buat dari besi bulat memanjang seperti roll dan pada roda belakang terbuat dari roda ban. Pada daerah pekerjaan pengaspalan memakai road roller, tire roller maupun drum roller, namun pada umumnya dalam pemadatan tanah memakai sheep foot roller atau drum roller.

Ada tiga faktor yang mempengaruhi pada pekerjaan pemadatan seperti: gradasi material yang akan dipadatkan, komposisi air dari material tersebut (moisture content), prose pemadatan (compactive effort).

Compactor berperan sebagai: pemadatan tanah, pemadatan lapis perkerasan (lentur), pemadatan lapis atas material (Surface). Sistem kerja compactor bertumpu pada roller, susunan roda yakni guide roll yang terletak di depan serta drive roll pada bagian belakang, posisi operator menghadap pada guide roll depan, namun lebih gampang jika roller bergerak maju jika berjalan pada guide roll.

Pemakaian compactor

Pada pekerjaan bagian konstruksi jalan, perkebunan maupun lainnya yang membutuhkan konstruksi yang stabil serta kepadatan khusus di butuhkan peralatan pemadatan. Peralatan pemadatan/compactor merupakan pembentukan posisi pada tanah agar menjali lebih rapat.

Pada beberapa kajian yang dilaksanakan khusus pada perkembangan zaman yang semakin gencar juga keefektifan. Diantara perkembangan teknologi itu yang memiliki fungsi yang besar pada pergantian perkembangan zaman yang lebih modern yakni penggunaan peralatan seperti alat berat.

Ulasan ini agar tahu juga paham dari berbagai fungsi juga perbedaan alat berat yang akan lebih mengetahui pada pekerja lapangan maupun pada pendidikan pembelajaran tentang alat berat serta pemindahan material mekanis.

Berikut dilampirkan part manual book bagi yang membutuhkannya, agar lebih bermanfaat:

Part manual Compactor CAT CS533E: Lihat disini.

Part manual Compactor Sakai UNIT SV512D_T_TF_-E: Lihat disini.