Komatsu Parts Book - Dozer D85ESS-2

https://pernando413.blogspot.com/2021/08/komatsu-parts-book-dozer-d85ess-2.html

Bulldozer merupakan jenis alat berat yang di gunakan di konstruksi berjenis traktor memakai track atau rantai yang lengkap menggunakan pisau atau blade di bagian depannya. Bulldoszer di gunakan pada pekerjaan penggalian dan pendorongan serta bisa juga menarik material. Atau yang lebih dikenal dengan traktor berantai dengan pisau.

Berdasarkan fungsinya bulldozer di pakai mendorong serta menggali dan menarik material misalnya pasir, tanah, bebatuan dan lainnya. Bulldozer ini masuk dalam kategori alat berat yang di gunakan juga di bagian konstruksi, pertambangan, perkebunan dan lainnya.

Komponen dari Bulldozer:

Ripper: adalah alat yang di gunakan dalam membongkar material yang tidak bisa di gali pakai pisau atau blade. Ripper sering kali di pakai pada pekerjaan alat konstruksi, pertambangan maupun pembuatan jalan.    

Winch: Bila ripper untuk membongkar material, maka winch berfungsi untuk menarik material, untuk pekerjaannya seperti mengeluarkan kayu dari hutan dan pekerjaan lain yang menggunakan winch.

Juga Bulldozer sering di pakai pada pertambangan batu baru yang di fungsikan untuk meratakan tanah, menggali serta merubuhkan pohon ketika untuk kegiatan land clearing. Unit ini atau alat berat ini banyak di produksi oleh pabrikan negara Jepang yakni Komatsu dan juga Caterpillar dari Amerika yang di gunakan di tambang batu bara di seluruh Indonesia.

Bulldozer merupakan alat berat yang memiliki roda rantai atau track shoe pada penggunaan pekerjaan untuk kemampuan traksi yang tinggi. Dimana pekerjaanya menggali, meratakan, menggusur dan menarik beban, meratakan dan menimbun material.

Part Manual Dozer Komatsu D85ESS-2: Klik Disini