Pembahasan Pks Pada Stasiun Klarifikasi: Claybath, Shell Conveyor, Kernel Silo & Bulk Silo

 https://pernando413.blogspot.com/2021/07/pembahasan-pks-pada-stasiun-klarifikasi.html

Clay Bath

Cangkang, kernel pecah, dan kernel yang tidak terpecah dengan sempurna akan masuk ke dalam claybath yang berfugsi memisahkan cangkang dan kernel yang tidak terpecah dengan sempurna berdasarkan berat jenisnya. Pada proses ini ditambahkan CaCO3 ( kalsium karbonat ) yang berfugsi sebagai pengganti clay atau tanah liat untuk mempermudah proses pemisahan.

Proses ini dilakukan dalam bak berbentuk kerucut dilengkapi pompa untuk mensirkulasi cairan CaCO3. Gerakan cairan ini akan membawa kernel dan cangkang ke posisi masing-masing di ayakan getar untuk dibersihkan.  

Berat  jenis untuk kernel basah ( wet kernel ) ± 1,07 dan cangkang ± 1,15-1,20, sedangkan larutan kalsium karbonat memilik berat jenis 1,12, sehingga kernel akan mengapung dan cangkang akan turun ke dasar claybath, vibrating screen dibuat dengan sistem 2 deck.

Shell Conveyor

Cangkang akan dibawaoleh wet shell conveyor dan dengan menggunakan shell transport fan akan dibawa menuju shell and fibre bin yang merupakan tempat penampungan sementara untuk cangkang dan fiber.

Kernel Silo

Kernel yang telah melewati claybathakan dibawa oleh wet kernel conveyor menuju kernel silo untuk mengeringkan kernel sebelum disimpan di kernel storage bin. Kernel yang sudah terpisah dari cangkang dan masih mengandung 12% air dimasukkan ke silo pengering ( kernel dryer ) untuk diturunkan kandungan airnya hingga mencapai 7%.

Pengeringan dilakukan dengan udara bertemperatur 60-700 C selama 14-15 jam. Penurunan kadar air ini bertujuan untuk menonaktifkan kegiatan mikroorganisme sehingga proses pembentukan jamur atau proses kenaikan asam ( lauric acid ) dapat dibatasi pada saat kernel disimpan.

Bulk Silo

Bulk Silo berfungsi sebagai tempat inti sawit ( palm kernel ). Biasanya bulk silo dilengkapi dengan fan yang berfungsi sebagai pendingin kernel setelah dari kernel silo dipanaskan untuk menghindari proses penjamuran.

Shell and Fibre Bin

Shell and fibre bin merupakan tempat penampungan sementara cangkang dan fiber.

Boiler

Cangkang dan fiber yang berada pada Shell and fibre bin dibawa oleh fuel distributing conveyor no. (horizontal under hydrocyclone)1, fuel distributing conveyor no.2 (inclined), dan  fuel distributing conveyor no.3 (fuel to boiler) menuju boiler dan digunakan sebagai bahan bakar. 

Apabila cangkang dan fier yang diumpankan ke dalam boiler berlebihan maka ditampung di sebuah tempat dan akan dibawa kembali oleh recycling fuel conveyor dan return fuel conveyor ke fuel distributing conveyor no.2 ( inclined ).