4+ Penyebab Masih Banyak Menganggur

https://pernando413.blogspot.com/2021/07/4-penyebab-masih-banyak-menganggur.html

Banyak alasan mengapa seseorang yang masih menganggur dan masih belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya.

Inilah beberapa faktor yang membuat banyak menganggur:

1. Informasi biasanya hanya di miliki oleh orang dalam ( teman rekrut teman )

Informasi tentang lowongan yang tidak di publikasi, jadi hanya orang dalam yang tahu, sehingga karyawannya yang bekerja hanya dari teman ke teman dan keluarga orang dalam tersebut yang bekerja di perusahaan itu.

Hal ini yang membuat orang masih banyak yang menganggur karena tidak memperoleh sumber informasi tersebut.

2. Reputasi seorang recruiter itu sangat penting dalam merekrut

Seorang rekruiter harus memiliki reputasi dalam merekrut karyawan, jika tidak dimiliki maka tidak ada orang yang akan mau melamar lowongan pekerjaan tersebut. Karena mereka takut jika lowongan tersebut hanya hoaks dan penipuan.

Karena saat ini banyak beredar penipuan yang berkedok lamaran kerja, yang malah membuat kerjaan tidak dapat yang ada ketipu dan uang habis. Sehingga hal itu akan membuat pengangguran tidak pernah mendapatkan pekerjaan, karena ketakutan di tipu.

3. Perusahaan cari karyawan yang bisa semua ( multi skill )

Perusahaan hamya mencari orang - orang yang sudah memiliki pengalaman kerja dan skill saja, sehingga pekerjaan ini hanya berputar - putar pada orang - orang yang hanya memiliki skill saja.

Lalu bagaimana dengan orang yang baru lulus kerja maupun yang belum punya pengalaman ?

Tentu mereka akan tetap menganggur ?

Hal ini sebenarnya tidak boleh di lakukan oleh perusahaan, mereka yang barus lulus juga harus di rekrut untuk bekerja juga. Para lulusan baru harus di beri kesempatan dan dilatih agar mereka mampu bekerja, sehingga hal ini bisa mengurangi jumlah pengangguran.

4. Perusahaan cari harga serendah mungkin

Terkadang juga ada perusahaan yang tidak mengacu pada UMR wilayah yang di tetapkan oleh pemerintah. Dengan merekrut karyawan dengan upah yang ridak sesuai akan membuat para pelamar kerja tidak akan mau menerima pekerjaan tersebut. Para pelamar juga punya perhitungan setiap mau bergabung kerja.

Bila upah dan kebutuhan hidup dan pengeluaran tidak sesuai, mana ada orang yang mau bekerja di perusahaan tersebut?

Apakah ada yang mau kerja gotong royong tanpa di upah ?

Tentu tidak bukan, seseorang akan lebih memilih menganggur dari pada bekerja yang tidak memberikan hasil pada dirinya sama sekali, sehingga hal ini akan membuat semakin banyak pengangguran.