Pembahasan PKS ( Pada Stasiun Pengolahan Loading Ramp )

 https://pernando413.blogspot.com/2021/06/pembahasan-pks-pada-stasiun-pengolahan.html

Stasiun Loading Ramp  merupakan stasiun penempatan buah yang telah ditimbang di Jembatan Timbang. 

Fungsi dari stasiun loading ramp yaitu :
* Menerima dan memindahkan TBS ke lori.

* Menyimpan atau menimbun TBS untuk sementara.

* Menjamin kelangsungan proses produksi.

Kemiringan pada loading ramp dibuat sebesar 25o-30o sehingga dapat memudahkan pemindahan FFB ke dalam lori dengan menggunakan prinsip gravitasi. Ramp cage mempunyai 10 pintu yang bisa dibuka tutup dengan sistem hidrolik, terdiri dari 2 line sebelah kiri dan kanan.

Kapasitas tampung tiap lori adalah ± 6,5 - 7 ton, kapasitas aktual yang digunakan adalah 6,6 ton. Lubang-lubang yang terdapat pada lori bertujuan untuk tempat masuknya uap pada sterilizer sehingga buah dapat matang secara merata.
 
Pengisian buah ke lori sebaiknya penuh dan rata, karena jika pengisian terlalu sedikit maka akan mengakibatkan penurunan kapasitas ketika setelah dilakukan perebusan tetapi jika pengisian buah terlalu penuh akan banyak buah yang jatuh dan ketika akan dimasukkan ke sterilizer atau perebusan dapat merusak pelat perebusan atau buah banyak yang jatuh ke dalam sterilizer.

Untuk menghindari brondolan dan TBS jatuh ke lantai, pastikan lori tepat di bawah pintu loading ramp pada saat mengisi TBS. Lori yang sudah terisi, ditarik dengan menggunakan capstand. Kemudian untuk pemindahan lori ke jalur lainnya menggunakan transfer carriage, dimana transfer carriage hanya memuat 1 lori.

Pengisian TBS ke dalam lori harus berdasarkan ketentuan FIFO ( First In First Out ), maksudnya adalah TBS yang masuk lori yang diisi TBS terlebih dahulu masuk ke dalam loading ramp untuk menghindari laju kenaikan asam lemak bebas ( FFA ).