Pembahasan Pks Pada Stasiun Klarifikasi - Vacum Dryer Dan Storage Tank

Vacuum dryer

Fungsi vacuum dryer adalah untuk memisahkan air dari minyak dengan cara mengkabutkan minyak ke dalam ruang vacuum. Jenis vacuum dryer adalah Vacuum dryer yang menggunakan steam ejector dan Vacuum dryer yang menggunakan pompa. 

Jenis vacuum dryer yang digunakan PKS Suayap adalah vacuum dryer yang menggunakan steam ejector. Cara kerja vacuum dryer ini adalah minyak dari oil purifier dipompakan naik ke vacum dryer.

https://pernando413.blogspot.com/2021/06/pembahasan-pks-pada-stasiun-klarifikasi_90.html

Didalam alat tersebut terdapat beberapa nozzle yang berfungsi untuk mengkabutkan minyak. Akibat pengabutan tersebut  butir-butir air akan  memisah dengan butiran minyak. Karena kondisi minyak yang dikabutkan panas maka butir-butir air tersebut akan mudah menjadi uap air yang akhirnya akan mudah diisap oleh kevacuman tersebut. 

Minyak akan turun kedasar tangki yang sudah dilengkapi dengan floating valve untuk selanjutnya dikirim ke tangki stok sedangkan  uap air yang terikat akan diisap keluar.

Hal - hal yang perlu diperhatikan :
* Temperatur minyak sangat berpengaruh terhadap kinerja alat tersebut.

Jadi perlakuan minyak di clean oil tank terutama dalam pemanasan harus terkontrol dengan  baik (temperatur 80 ºC).

* Kevacuman tangki harus mencapai -76 cmHg.
Untuk  dapat mencapai kevacuuman tersebut kebocoran-kebocoran pompa maupun packing-packing steam injector harus dihindarkan.

* Nozle harus dikontrol jangan sampai sumbat karena akan sangat berpengaruh terhadap kapasitas alat.

* Floating valve pada dasar tangki harus beroperasi dengan baik karena sangat membantu dalam proses kevacuman alat sekaligus sebagai penjaga umpan pompa transfer ke storage tank tetap kontinyu.

Storage Tank

https://pernando413.blogspot.com/2021/06/pembahasan-pks-pada-stasiun-klarifikasi_90.html

Fungsi storage tank adalah sebagai tempat penimbunan semntara CPO hasil produksi sebelum dilaksanakan pengiriman. Storage tank yang dimiliki PKS Suayap sebanyak 3 unit, konstruksi tangki berbentuk silinder dengan kapasitas masing - masing 2000 ton. 

Di dalam tangki dipasang steam coil untuk menjaga temperatur pada tangki, suhu tersebut berkisar antara 45 ºC -55 ºC.