Pembahasan Pks Pada Stasiun Klarifikasi: Kernel Silo, Cake Breaker Conveyor, Nut Polishing Drum

Stasiun Kernel

Proses pemisahan biji-serabut dari ampas pengempaan bertujuan terutama untuk memperoleh biji sebersih mungkin.Pemisahan biji dari gumpalan ampas pengempaan sangat dipengaruhi oleh segi-segi teknis dari proses yang mendahuluinya. 

Jika proses pemisahan serabut tidak menghasilkan biji yang bersih maka sebab-sebab utama dari kegagalan tersebut dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

* Perebusan kurang baik sehingga biji sukar lepas dari serabut.

* Pengadukan yang kurang baik menyebabkan buah kurang tercacah sehingga serabut masih melekat pada biji.

* Ampas pengempaan tidak cukup kering karena kondisi buah kurang bagus, tekanan pengempaan kurang mencukupi, penambahan air terlalu banyak pada saat pengempaan, atau keausan pada sliding cone sudah berlebihan.

* Pemuatan atau pengisian alat pemisah biji-serabut dengan ampas melebihi kapasitasnya.

* Daya kipas dan atau ventilator yang tidak cukup atau tidak sesuai dengan alat pemisah.

* Kotoran-kotoran berat, seperti batu, kerikil, dan lain-lain yang memperkecil kapasitas alat pemisah.

* Kebersihan alat tidak terpelihara sehingga mempengaruhi hasil kerja.    

Cake Breaker Conveyor

https://pernando413.blogspot.com/2021/06/pembahasan-pks-pada-stasiun-klarifikasi_26.html

Cake hasil pressingyang terdiri dari nut dan fiber dibawa oleh cake breaker conveyor.Cake breaker conveyor I berfungsi untuk memecah gumpalan cake kemudian menuju Cake breaker conveyor II dilakukan pemisahan nut dan fiber. Cake breaker conveyor II membawa fiber yang terhisapmenuju depericarper sedangkan nut turun menuju nut polishing drum.

Nut Polishing Drum  

https://pernando413.blogspot.com/2021/06/pembahasan-pks-pada-stasiun-klarifikasi_26.html 

Nut akan turun ke nut polishing drum yang sesuai fungsinya membersihkan nut dari sisa-sisa serabut yang masih menempel. Nut polishing drum berupa drum berlubang-lubang yang berputar. Akibat dari perputaran ini terjadi gesekan yang mengakibatkan serabut yang masih menempel pada nut terkikis dan terpisah dari nut. Polishing drum berputar berlawanan dengan arah jarum jam, kecepatan putar ± 28 rpm. Nut akan turun ke nut cross conveyor menuju destoner.