Pembahasan Pks Pada Stasiun Klarifikasi - Sludge Tank, Sand Cyclone, Sludge Centrifuge

Sludge Tank

Sludge akan disaring kembali oleh vibrating screen dan sludge yang masih terdapat minyak akan masuk ke dalam sludge tank yang berfungsi sebagai tempat penampungan sementara sludge sebelum diolah dengan centrifuge dan dilengkapi dengan steam injektor dan termometer.

 https://pernando413.blogspot.com/2021/06/pembahasan-pks-pada-stasiun-klarifikasi_20.html

Cara Kerja sludge tank adalah sludge dari under flow CST masuk kedalam Sludge tank, selanjutnya sludge tersebut akan dikirim ke Sludge centrifuge yang sebelumnya akan melewati sand cyclone dan vibrating screen. Didalam tangki perlu dijaga temperaturnya dengan menginjeksikan steam agar pemisahan sludge dengan minyak bisa lebih mudah. ( temperatur yang digunakan 90ºC - 95 º C ).

Sand Cyclone

Fungsi sand cyclone adalah untuk memisahkan pasir dengan cara memompakan sludge melalui unit ini. Sand cycle berbentuk tabung silinder yang didesain sedemikian sehingga sludge yang melewati dapat memutar mengikuti gaya setrifugal yang berakibat benda yang memiliki berat jenis lebih berat ( pasir - pasir ) akan turun atau mengendap dan yang ringan akan terus menuju ke sludge buffer tank.

Hal yang perlu diperhatikan  pada sand cyclone:
* Tekan sludge yang masuk ke cyclone minimal 1,5 Kg/cm2 , hal ini sangat berpengaruh sekali terhadap gaya sentrifugal yang dihasilkan pada saat sludge melewati cyclone tersebut.

* Frekuensi drain atau mengeluarkan pasir dari tabung harus dilaksanakan secara rutin agar kerja alat bisa optimal, minimal setiap pergantian shift.

Sludge Centrifuge

https://pernando413.blogspot.com/2021/06/pembahasan-pks-pada-stasiun-klarifikasi_20.html

Sludge tank juga dilengkapi dengan steam yang diinjeksikan untuk menjaga sludge pada suhu 90-95oC. Sludge yang dipompakan menuju centrifuge akan mengalami pemisahan minyak dari sludge. Dengan gaya sentrifugal, sludge yang memiliki berat jenis lebih besar ( heavy phase ) seperti lumpur dan kotoran akan terlempar ke dinding bowl dan akan keluar melalui nozle ( lubang ) dengan ukuran tertentu, sedangkan minyak yang memilik berat jenis lebih ringan ( light phase ) akan terkumpul di tengah bowl. PKS Suayap ini memiliki 5 sludge centrifuge.
 
Minyak yang mempunyai densitas lebih kecil akan menuju poros dan terdorong keluar melalui sudut-sudut ( paring disk ), dan ditampung di reclaimed oil tank sebelum dipompakan oleh reclaimed oil pump untuk alirkan kembali ke CST. 

Sedangkan sludge ( mengandung air ) yang mempuyai densitas lebih besar akan terdorong ke bagian dinding bowl dan keluar melalui nozzle, kemudian sludge keluar melalui saluran pembuangan menuju fat pit.