Pembahasan PKS ( Pada Stasiun Klarifikasi : Recovery Tank, Fat Pit, Oil Tank, Oil Purifier )

Recorvery Tank

https://pernando413.blogspot.com/2021/06/pembahasan-pks-pada-stasiun-klarifikasi_19.html

Fungsi recorvery tank sebagai tempat penampungan semua sludge hasil dari drain tangki-tangki yang ada di stasiun klarifikasi dan air condensatsterilizer untuk dikutip kembali kandungan minyak yang masuk terikut di dalam sludge tersebut. Recovery tank berbentuk silinder dengan kerucut pada ujungnya, berkapasitas 100 s/d 150 ton yang dilengkapi dengan steam coil sebagai pemanas tangki.

Fat Pit    

https://pernando413.blogspot.com/2021/06/pembahasan-pks-pada-stasiun-klarifikasi_19.html

Sludge yang keluar dari sludge centrifuge masih mengandung minyak. Sludge ini bersama air pencuci mesin centrifuge dikumpulkan dalamfat pit untuk diambil minyaknya.

Oil Tank

Sebagai tempat penampungan sementara minyak yang dikutip dari CST untuk selanjutnya diproses untuk memperkecil kadar kotoran dan moist pada minyak tersebut.

https://pernando413.blogspot.com/2021/06/pembahasan-pks-pada-stasiun-klarifikasi_19.html

Hal yang perlu diperhatikan :

* Temperatur harus dipertahankan 80 ºC sesuai kebutuhan purifier, sebab apabila  kurang proses  pemisahan moist dan dirt akan semakin sulit dan apabila terlalutinggi akan menyebabkan minyak terhidrolisisdan warna minyak.Sehingga hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas minyak yang dihasilkan.

* Drain perlu juga dilaksankan minimal pada pergantian shift.

Oil Purifier

FungsiOil Purifier adalah untuk mengurangi kadar kotoran dan kadar air yang terkandung didalam minyak. Cara kerja alat ini berdasarkan gaya sentrifugal dimana kotoran dan air yang terkandung didalam minyak (berat jenis nya lebih besar dari berat jenis minyak) akan terlempar keluar sedangkan minyak akan mengumpul ditengah dan akan dipompakan ke luar menuju ke vacum drier.

Hal yang perlu diperhatikan dalam oil purifier :
* Temperatur minyak masuk harus dipertahankan 80ºC agar pemisahan sempurna.

* Kapasitas umpan harus dikontrol karena  akan mempengaruhi kerja mesin.

* Flushing atau pencucin harus kontinyu dilaksanakan selama mesin beroperasi untuk membersihkan kotoran yang melekat pada disk.

* Setiap seminggu sekali secara manual disk harus dicuci.