Peran Teknik Mesin Di Industri Perkebunan Kelapa Sawit

 https://pernando413.blogspot.com/2021/05/peran-teknik-mesin-di-industri.html

Tugas seorang ahli teknik mesin

Teknik mesin merupakan peran yang cukup penting didalam industri perkebunan kelapa sawit. Baik itu pada bagian kebun maupun di bagian pabrik pengolahan sawit, peran seorang yang ahli dalam bidang teknik mesin sangat penting.

Kali ini saya akan membahas dua peran utama teknik mesin yakni di perkebunan kelapa sawit dan pabrik pengolahan kelapa sawit. Mari kita simak beberapa peran utama teknik mesin di industri perkebunan sawit sebagai berikut :

1. Peran teknik mesin di perkebunan kelapa sawit

Peran teknik mesin di perkebunan sawit yakni sebagai penanggung jawab pada bagian transport dan perawatan semua unit yang di operasikan dalam kebun.

Seorang ahli teknik mesin berperan membuat perencanaan transport, membantu afdeling melakukan pekerjaannya. Baik itu dalam pengalokasian unit atau pembagian unit sesuai kebutuhan harian, memastikan unit beroperasi sesuai rencana tanpa mengalami kendala, memastikan buah kelapa sawit tidak yang yang tertinggal di TPH dan terangkut seluruhnya.

Mengkordinir unit dengan baik, berkordinasi dengan mandor transport yang membatu mengawasi kebutuhan dan kelancaran unit, dimana bisa mendahulukan kebutuhan penting yang diutamakan untuk pengiriman unit ke afdeling lain.

Memastikan unit dalam keadaan baik serta membuat perencanaan perawatan unit dan menjadwalkan perbaikan kecil dan besar ( overhaul ). Sebelumnya mengadakan analisa dan pengorderan spearpart, oli dan kebutuhan bahan bakar semua unit.

Membuat anggaran dan membuat budget untuk semua unit, untuk kebun peran teknik mesin di bawahi oleh satu departemen untuk mendukung afdeling mendapatkan target yang di berikan oleh management, teknik mesin harus bisa memiliki peran ganda.

Untuk kebun yang sedang berkembang peran teknik mesin bisa merangkap dalam beberapa pekerjaan yaitu sebagai penanggung jawab pada bagian sipil diantaranya pada bagian perawatan jalan, jembatan serta pembangunan ataupun perawatan perumahan karyawan dan kantor kebun.

2. Peran teknik mesin di pabrik pengolahan kelapa sawit ( PKS)

Teknik mesin juga memiliki peran yang sangat penting di dalam pabrik pengolahan kelapa sawit. Seorang ahli teknik mesin atau yang lebih dikenal sebagai Asisten maintenance memiliki tanggung jawab menjaga dan memelihara semua unit perstasiun agar selalu baik dan selalu siap di operasikan.

Tanggung jawab pekerjaan dimulai dari jembatan timbang sampai pada mesin pengolahan limbah akhir. Teknik mesin bisa membuat perencanaan perawatan seperti yang dijelaskan peran teknik mesin di kebun berdasarkan budget yang dianggarkan, melakukan perawatan dan perbaikan tanpa mengurangi jam produksi, juga mengontrol biaya terhadap maintenance yang dilakukan.

Teknik mesin juga bisa menempati posisi di bagian produksi atau proses yang dinamakan Asisten proses. Yang berperan mengontrol produksi, mengkordinir semua operator stasiun pabrik dan bertanggung jawab terhadap proses produksi dan kualitas pengolahan dan mesin pengolahan.

Untuk pada posisi Askep dan manager pabrik bayak yang di tempati oleh lulusan teknik mesin yang berfungsi mengontrol pabrik secara keseluruhan dan bertanggung jawab pada administrasi dan management pabrik.

Inilah beberapa peran penting teknik mesin didalam industri dan perkebunan kelapa sawit. Jadi bagaimana dengan anda apakah berminat untuk mencoba posisi tersebut ??