Manfaat Dari Peralatan Safety Kerja

 https://pernando413.blogspot.com/2021/05/manfaat-dari-peralatan-safety-kerja.html

Fungsi Peralatan safety sebagai pelindung tubuh

Kita tahu peralatan safety merupakan pelindung diri yang di gunakan oleh pekerja, baik itu pekerja di pabrik maupun dilapangan.

Apakah anda sudah tahu fungsi dari peralatan safety ?

Apa saja jenis - jenis peralatan safety itu ?

Berikut pembahasan mengenai peralatan safety yang biasa di gunakan :

* Helem ( Helmet )

Helem merupakan peralatan safety yang digunakan sebagai pelindung kepala. Helem untuk melindungi kepala dari kejatuhan benda, melindungi dari tumpahan minyak maupun oli, juga melindungi kepala dari benda panas dan radiasi.

Biasanya helem banyak dipakai di pabrik, perminyakan, pertambangan terbuka, konstruksi bangunan maupun sipil. Untuk penggunaan helem diwajibkan menggunakan helem standar, yang benar - benar bisa melindungi kepalan atau meminimalis kecelakan.

Umumnya helem standar yang dipakai yaitu helem SNI ( Standar nasional Indonesia ) karena sudah teruji dan memiliki kualitas yang baik sebagai pelindung kepala.

* Kaca mata ( safety glass )

Kacamata safety adalah alat pelindung mata ketika sedang bekerja, safety glass juga harus standar SNI, ada juga merek luar negri, ini disarankan untuk benar - benar melindungi.

Safety glass memiliki fungsi untuk melindungi mata dari kejatuhan benda, tumpahan oli, pancaran oli bertekanan, melindungi dari debu, melindungi dari pecahan benda yang melenting, melindungi dari percikan maupun pancaran api las dan lain - lain.

Kacamata terbuat dari bahan plastik yang bening serta kuat yang mampu untuk menjaga dan melindungi mata. Pemakaian kacamata ketika saat bekerja wajib digunakan agar mata terlindung, sebab mata merupakan bagian tubuh yang paling lunak.

* Pelindung telinga ( Ear plug )

Pelindung telinga merupakan peralatan safety yang wajib dipakai untuk sebagai pelindung telinga dari kebisingan. Misalnya ketika kerja di ruangan mesin pabrik maupun mesin listrik, ketika pengecekan mesin alat berat, ketika melakukan pekerjaan mengerinda.

Telinga perlu dilindungi dari suara yang bising, untuk menghindari telinga dari kerusakan pendengaran. Pemakaian pelindung telinga tidak di haruskan menggunakan terus menerus, ada kalanya bisa di pakai ketika bekerja di area kebisingan.

* Sarung tangan

Sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi permukaan tangan dari benda - benda tajam, benda panas, kotoran benda seperti campuran oli dan tanah yang menempel pada benda kerja, melindungi agar tidak terkontaminasi bahan kimia berbahaya, melindungi tangan dari benturan dan lain - lain.

* Sepatu safety ( safety shoes )

Sepatu safety memiliki fungsi untuk melindungi kaki dari benda tajam, benda panas, benturan serta tertimpa benda.

Biasanya sepatu safety juga standar SNI yaitu sepatu panjang berbahan kulit, biasanya ujung sepatu terdapat besi pelindung didalamnya untuk melindungi jari kaki ataupun meminimalkan kecelakaan agar tidak sampai fatal

* Masker hidung

Masker wajah memiliki fungsi sebagai pelindung kotoran, debu halus, bahan kimia agar tidak terhirup oleh pernafasan, sehingga tidak mengganggu keparu - paru. Masker biasanya di gunakan ketika bekerja diarea yang berdebu, bekerja diarea berbahan kimia berbahaya. Pemakaian masker digunakan sesuai dengan fungsi penempatannya dan tidak harus rutin di pakai setiap hari.

Catatan :
Peralatan safety merupakan peralatan pelindung diri, dipakai untuk menurunkan kecelakan yang fatal, mematuhi aturan pemakaian safety sesuai fungsinya agar terlindung dan selamat dari kecelakaan. Perlu diingat kecelakaan akan lebih parah ketika kita tidak memakai alat pelindung diri ( APD ) atau peralatan safety. 

Sebab bila sudah terjadi kecelakaan yang rugi diri kita sendiri dan yang sengsara keluarga, juga tidak ada dijual spearpart tubuh manusia sebagai pengganti. Untuk itu harus disiplin, patuhi aturan agar kecelakaan dapat dihindari agar bisa nol kecelakaan kerja ( zero accident ).