Kabel Aki Mobil Dan Permasalahan Yang Sering Timbul

 https://pernando413.blogspot.com/2021/05/kabel-aki-mobil-dan-permasalahan-yang.html

Kabel massa listrik dan kabel body aki mobil

Kabel aki mobil
Kabel aki pada mobil memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik dari aki menuju motor starter lalu di alirkan kekomponen listrik lainnya. Yang sering terjadi permasalahan pada kabel aki yakni korosi pada kepala aki.

Proses perkaratan ini terjadi akibat bermacam hal yang diantaranya pemakaian besi. Ketika terjadi basah akan menimbulkan hambatan. Hambatan atau resistensi akan membuat aliran listrik sulit mengalir karena karat. Sehingga kadang - kadang akan timbul beberapa kendala yaitu susah untuk menghidupkan mesin bila arus di aki berkurang.

Fungsi kabel aki untuk mobil

Untuk mobil, kelistrikan adalah salah satu yang berperan penting, untuk menghidupkan mesin memerlukan sistem kelistrikan. Fungsi kabel mengalirkan arus ke motor starter lalu motor starter menghidupkan mesin. 

Kabel aki wana merah adalah tanda ( + ) sebagai sumber arus, sedangkan kabel aki warna hitam ( - ) yaitu massa yang di hubungkan ke bodi mobil. Arus dari aki tidak akan lancar bila terjadi hambatan.

Resistensi atau hambatan arus juga mempengaruhi dari ukuran dan panjang kabel yang bisa mempengaruhi aliran listrik.

Masalah - masalah yang timbul di seputaran kabel aki :
1. Ukuran kabel
Ukuran kabel yang digunakan untuk menghantar arus juga sangat berpengaruh, bila ukuran kabel terlalu besar ini akan memperlambat starter mesin, karena akan banyak kehilangan arus didalam kabel. Bila kabel terlalu kecil ini akan mengakibatkan kabel cepat panas dan bisa mengakibatkan kebakaran.

2. Panjang kabel
Panjang kabel juga sangat mempengaruhi kinerja aki, jadi harus disesuaikan dengan standar maupun jarak dari aki ke motor starter ukurannya yang pas, sehingga arus akan mengalir dengan cepat dengan sedikit hambatan.

3. Kepala aki basah atau karat

https://pernando413.blogspot.com/2021/05/kabel-aki-mobil-dan-permasalahan-yang.html

Ketika mencuci mesin sebelum menghidupkan agar memastikan kepala aki tetap kering, karena ini akan mengakibatkan perkaratan. Akibat karat yang menumpuk di kepala aki akan menghambat arus listrik mengalir. Jadi harus selalu mengecek kepala aki agar tidak ada pengendapat karat.

4. Kepala aki longgar
Kepala aki longgar bisa disebabkan karena getaran dari mesin dan bodi mesin, sehingga lama kelamaan kepala aki akan longgar. Juga bisa terjadi baut pengikat kepala aki keropos sehingga daya ikat akan mulai longgar, jadi sebelum menghidupkan mesin pastikan kepala aki selalu kencang.

5. Serabut tembaga longgar
Kabel aki harus mampu mengalirkan listrik dengan baik ke starter maupun kemassa. Kabel terbuat dari serat tembanga. Salah satu penghambat listik yaitu serabut tembaga loggar, shingga udara masuk diantara serat kabel sehingga mempersulit elektron untuk berpindah.

Hal ini akan menghambat arus listrik sehingga energi listrik akan banyak terbuang karena menghasilkan energi panas, hal ini yang bisa mengakibatkan kabel meleleh dan memutuskan serabut tembaga kabel yang bisa juga memicu kebakaran. Bila sudah sering di temukan gejala panas yang berlebih pada kabel aki segera lakukan penggantian sesuai dengan ukuran standar kabel aki tersebut.

6. Kabel aki disambung
Kabel aki disambung ini tidak disarankan, karena akan bisa menimbulkan hambatan yang besar dan kabel panas. Namun bila dalam keadaan urgent untuk sampai ke bengkel terdekat tidak masalah namun harus dipastikan aman dan hanya untuk sementara saja. Jangan ambil resiko demi menghemat biaya, segera lakukan penggantian demi keamanan mobil anda.