Baut Dan Mur


https://pernando413.blogspot.com/2021/02/baut-dan-mur.html

Baut dengan berbagai bentuk dan ukuran

Baut atau sekrup yaitu batang atau tabung dengan lekukan spiral pada permukaannya. Pemakaian utamanya  adalah sebagai pengikat (Fastener) untuk menahan dua benda bersama-sama, dan sebagai bidang sederhana yang mengubah torsi (torque) menjadi gaya linier. Baut juga bisa didefinisikan sebagai bidang miring yang mengelilingi batang.

Kebanyakan baut dapat dikencangkan dengan memutar searah jarum jam, yang disebut dengan ulir kanan yang benar. Dalam beberapa kasus, seperti ketika baut akan digunakan sebagai konduktor torsi berlawanan arah pada jarum jam, baut berulir kiri digunakan. Pedal kiri sepeda memiliki garis ulir kiri.

Baut

Baut banyak digunakan dalam industri otomotif. Pada kendaraan bermotor, banyak suku cadang yang diproduksi secara terpisah kemudian dirakit menggunakan baut dan mur agar lebih mudah dibongkar saat dibutuhkan, seperti untuk pekerjaan perbaikan atau penggantian suku cadang. Baut biasanya dipasangkan dengan mur. Bagian berulir dari poros baut dimaksudkan agar pas dengan alur lubang mur.

Untuk menperkecil efek gesekan antara kepala baut dan benda kerja, ring atau washer annular dapat ditambahkan antara kepala baut dan permukaan benda kerja. Washer spiral dapat digunakan pada baut untuk mencegah baut melonggarkan karena getaran dan mengurangi kekuatan sambungan.

Struktur baut terdiri dari batang silinder dengan kepala di salah satu ujung dan alur di sepanjang (hanya di satu ujung). Baut terdiri dari baja ringan, baja paduan, baja tahan karat atau kuningan. Untuk keperluan khusus, baut juga bisa dibuat dari logam atau paduan logam lainnya.

Bentuk kepala baut yang sering digunakan adalah:

* Hexagonal (kepala heksagonal), kepala baut heksagonal adalah bentuk yang paling banyak digunakan.

* Segi empat (kepala persegi). Baut dengan kepala persegi panjang biasanya digunakan dalam industri berat dan proyek konstruksi.

Jenis baut yang umum di pasaran adalah sebagai berikut:
Baut carriage, juga disebut baut plow. Banyak digunakan pada kayu. Kepala baut rangka berbentuk kubah dan leher baut berbentuk persegi panjang. Setelah baut dikencangkan, struktur leher persegi panjang mendorongnya ke dalam kayu untuk membentuk ikatan yang sangat kuat.

Baut carriage terbuat dari berbagai logam dan memiliki ukuran berbeda, yang dapat digunakan dalam berbagai pekerjaan:
* Flange bolt, ini adalah jenis baut, terdapat cam (flange) dibagian bawah kepala baut. Flens di bagian bawah kepala baut dirancang untuk memberikan kekuatan baut, seperti paking. Dengan kelebihan tersebut maka penggunaan baut flange akan lebih mudah mempercepat penyelesaian pekerjaan.

* Baut segi enam adalah baut yang sangat umum digunakan dalam pekerjaan konstruksi dan pemeliharaan. Fitur umum dari baut segi enam adalah kepala segi enam dari baut (hexagonal).

Baut segi enam terbuat dari berbagai bahan, masing-masing dengan karakteristik dan kemampuan yang berbeda. Cara terbaik untuk memilih baut hexagonal yang akan digunakan adalah dengan memilih baut hexagonal yang sesuai dengan persyaratan teknis yang akan dibangun. 

Beberapa bahan yang digunakan untuk baut hex antara lain: baja tahan karat, baja karbon dan baja paduan yang dilapisi dengan kadmium atau seng untuk mencegah karat.

* Baut Lagging adalah baut dengan baut meruncing, mirip dengan struktur sekrup. Baut lag terutama digunakan untuk konstruksi di tempat.

* Baut bahu (shoulder bolts) adalah baut yang biasanya digunakan sebagai poros berputar. Struktur baut bahu memungkinkan untuk digunakan pada sambungan dan aplikasi yang dapat digerakkan, digeser dan bahkan berputar. 

Baut bahu atau shoulder bolts dapat digunakan untuk berbagai bagian yang terbuat dari logam, kayu dan bahan lainnya. Karena sering digunakan sebagai poros penopang, baut bahu terbuat dari logam tahan abrasi.

Mur

Mur biasanya terdiri dari baja ringan, meskipun logam atau paduan tertentu lainnya juga dapat digunakan untuk tujuan khusus.

Jenis mur yang umum digunakan adalah:
* Mur segi enam (hexagonal plain nut) biasa diterapkan di semua industri.

* Mur persegi empat (square nut), digunakan dalam industri berat dan pembuatan badan pesawat kereta api atau pesawat terbang. 

* Mur dengan mahkota atau celah kunci (mur meruncing dan mur berlubang/castellated nut & slotted nut) adalah mur yang dilengkapi dengan mekanisme penguncian. Tujuannya untuk mengunci mur pada tempatnya agar tidak berubah, agar mur tetap kencang. 

* Mur pengunci (lock nut) adalah mur yang biasanya lebih tipis dari mur kebanyakan. Mur pengunci biasanya dipasang di bawah mur utama dan digunakan sebagai posisi pengunci mur utama.