Komponen Umum Pada Mesin Sesi Kedua

* Hex socket head bolt

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin_15.html

Hex socket head bolt mempunyai beberapa perbedaan dengan hex allen wrenches dalam beberapa ukuran yang benar. Hex socket head bolt mempunyai grip dan ulir yang sama dengan standar bolt. Sebagian besar bentuk umum dari kepala bolt adalah bulat berbentuk cylinder dengan petak atas dan bawah, petak atas dengan meruncing terhadap grip (countersink) dan keliling atas dengan petak bawah (dome).

Semua kepala bolt mempunya sebuah lobang berbentuk axial hes dibagian tengah, diameter kepala bolt kurang lebih sama dengan diameter permukaan washer pada hex head bolt dengan ukuran yang sama.

Alat pengikat ini digunakan dalam pemakaian dimana tidak cukup tepat untuk kunci-kunci dan type bolt lainnya, juga dapat digunakan dalam lobang atau pemakaian lainnya dimana ukuran kepala bolt yang kecil adalah suatu keuntungan. Tip hex socket atau allen wrench (kunci) yang cocok dengan lobang hex dalam kepala bolt dapat digunakan memutar hex socket bolt.

Catatan:

Gunakan hex socket head bolt ukuran yang benar untuk pekerjaan yang dilakukan, yakinkan bahwa kunci hex yang digunakan masuk ketat dalam lobang hex dalam kepala bolt. Jangan gunakan hex socket head bolt jika ada retak atau patah.

*12 Point head bolts

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin_15.html

12 point head bolt mempunyai bagian grip dan ulir yang sama dengan standar bolt, Bagian atas kepala baut mempunyai 12 ridges (bubungan) melingkar lurus kebawah kearah ulir. Diantara ridge dan grip yang ada bahu, biasanya 12 poin head bolt mempunyai diameter bolt yang sama dengan diameter kepala baut. Beberapa kekuatan baut yang sangat tinggi akan mempunyai kepala baut yang lebih besar.

Alat pengikat ini digunakan bilamana membutuhkan kekuatan baut yang tinggi dengan diameter kepala yang kecil. Baut ini harus dipasang dengan menggunakan kunci 12 point box end atau 12 -point socket, diputar sesuai torque yang benar.

*Washer head bolts

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin_15.html

Washer head bolt adalah suatu modifikasi dari standar hex head bolt. Bagian bawah kepala baut tirus kepermukaan sayap. Permukaan sayap bundar ini digunakan sebagai washer pada bagian bawah kepala baut. Bagian dari kepala baut ini telah termasuk kedua hex head dan permukaan washer.

Bagian kepala dari baut telah termasuk kedua hex head dan permukaan washer, panjang washer head bolt diukur dari permukaan washer keujung bolt. Bagian bawah permukaan washer ada mempunyai gerigi kecil untuk membantu  kepala bolt memegang permukaan yaitu menahan bila dikencangkan.

Bolt ini digunakan serupa dengan pemakaian-pemakaian standar hex head bolt, permukaan washer pada bagian bawah kepala baut akan membuat baut dapat dikencangkan secara halus. Permukaan washer juga akan memberikan tenaga diatas area yang lebih besar dari pada standar hex head bolt. Washer head bolt harus diputar sesuai torque yang benar.

*Hex nut

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin_15.html

Hex nut biasanya dibuat dari steel, stainlees steel atau brass. Sebuah lobang bulat tembus melalui bagian tengah nut mempunyai ulir (internal threads). Sisi sisi hex nut mempunyai enam permukaan persegi empat. Ukuran dari hex nut adalah sama dengan kepala baut dimana dipakai. Untuk menemukan jarak ulir (thread pitch) dari sebuah hex nut adalah dengan menggunakan alat ukur ulir (thread pitch gauge).

Tepi sisi-sisi luar bagian atas dan bawah bolt diameter, beberapa nut mempunyai permukaan washer kecil. Hex nut adalah type yang paling umum digunakan pada peralatan caterpillar. Hex nut digunakan pada ujung baut atau studs. Komponen-komponen dipegang diantara baut dan stud dan nut bilamana nut diputar dikencangkan nut akan menekan mereka.

Permukaan washer kecil dari nut arus menahan komponen-komponen yang dipegang oleh nut. Nut harus dikencangkan sesuai torque yang benar dan bila nut dikencangkan, satu atau dua ulir baut harus keluar dari permukaan nut untuk maximum kekuatan.

*Wing nut

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin_15.html

Wing nut mempunyai badan dengan dua sayap pada sisi yang berlawanan. Kedua sayap ini harus cukup benar untuk dapat memutar nut kencang dengan menggunakan jari-jari. Kedua sayap biasanya membentuk garis grafik menjauh dari komponen yang dipegang oleh wing nut. Lobang dan ulir dibuat melalui bagian tengah bodi wing nut.

Biasanya alat pengikat ini digunakan untuk memegang komponen-komponen penutup dimana dibuka secara teratur untuk service oleh operator. Wing nut dapat digunakan hanya untuk pemakaian dimana jumlah torque pada pengikatan adalah tidak penting. Wing nut hanya dikancing sekuat tangan, suatu keuntungan dari wing nut adalah tidak membutuhkan peralatan untuk membuka. Kebersihan ulir adalah sangat penting bila menggunakan wing nut.

*Acorn nut

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin_15.html

Acorn nut adalah sangat banyak menyerupai hex nut dengan sebuah penutup diatasnya. Bagian atas nut mempunyai tutup bundar (dome) tanpa lobang, mempunyai enam sisi-sisi rata dan pada bagian bawah mempunyai permukaan washer. Sebuah lobang bulat dengan ulir adalah dibuat melalui bagian bawah nut, lobang tersebut tidak tembus kebagian atas acorn nut.

Alat pengikat ini digunakan bilamana ujung sebuah baut atau stud harus pakai tutup, acorn nut hanya dapat diputar hingga ujung baut menyentuh bagian tutup lobang dalam nut. Untuk alasan ini baut atau stud harus cukup pendek sehingga acorn nut dalam nut. 

Untuk alasan ini, baut dan stud harus cukup pendek sehingga acorn nut akan dapat dikencangkan menahan komponen-komponen yang dipegang tanpa menyentuh ujung lobang. Nut ini dapat membantu mencegah hal yang meragukan bilamana ujung baut dipukul. Acorn nut dapat juga melindungi ulir pada bolt.

*Jam nut

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin_15.html

Jam nut adalah sama bentuknya dengan standar hex nut, Perbedaannya hanya bahwa tinggi jam nut adalah kira-kira setengah dari tinggi standar hex nut pinggir sisi-sisi laur bagian atas jam nut dichamfer. Jam nut boleh mempunyai permukaan washer pada bagian bawah nut.

Alat pengikat ini digunakan untuk memegang (lock) alat-alat pengikat lainnya dalam satu posisi. Jam nut dapat dipakai pada bolt, stud atau rods dengan ulir luar. Bila sebuah alat pengikat atau komponen dengan ulir bagian dalam dan dipasang pada posisi tertentu jam nut dapat diputar kencang untuk menahannya. Hal ini dapat dibuat menahan ulir dalam dan ulir luar. Secara umum permukaan jam nut adalah untuk menahan yoke pada sebuah linkage pengatur.

*Slotted nut

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin_15.html

Slotted nut mempunyai bentuk dasar yang sama sesuai hex nut. Pada bagian atas nut ada enam lubang melingkar dipotong sekitar diameternya pada bagian tengah masing-masing sisi permukaan rata dari slotted nut.
Castellated nut sangat menyerupai slotted nut kecuali pada permukaan luar ada lingkaran dimana slots berada.

Nut ini digunakan dengan drilled end bolt. Castelled nut atau slotted nut dikencangkan pada drilled end bolt hingga torque benar dan jika lobang pada ujung bolt tidak sejajar dengan set slot pada nut, nut dapat dikencangkan lagi hingga sejajar.
Kemudian sebuah cotter pin dimasukkan melalui set slot pada nut dan melalui lobang pada ujung bolt, kemudian ujung cotter pin dilipat atau dibengkokkan agar supaya tidak jatuh atau keluar.

*Self-Locking Nut

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin_15.html

Self locking nut secara umum serupa dengan hex nut dengan disekitar bagian atasnya banyak menyerupai castellated nut, pada bagian atas nut dapat dipotong sebagian melingkar agar bagian atas nut dapat ditekuk sedikit terhadap pertengahan nut.

Type kedua dari self locking nut adalah mempunyai bahan elastic tanpa ulir dibagian atas nut. Type ketiga dari self locking nut adalah memakai out-of-round hole mengganti bentuk dari ulir bolt sesuai nut jika dikencangkan.

Type dari nut akan memegang bolt atau stud sehingga tidak akan berputar sementara beroperasi. Bilamana sedang menggunakan sebuah self locking nut adalah bukan berarti alat-alat pengikat lainnya umumnya perlu menggunakan locking.
Nut-nut ini akan digunakan pada suatu pemakaian dimana tidak akan dapat terjadi kelonggaran atau lebih kencang. Nut-nut ini akan tetap dalam satu posisi dimana mereka dipasangkan.