Komponen Umum Pada Mesin Sesi Pertama

* Bolt, Nuts (Baut atau sekrup, Mur)

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin.html

Bolt memiliki jenis drat yang berbeda yaitu drat halus dan drat kasar. Bolt dibuat dari bahan-bahan dan kekuatan yang berbeda, ukuran pitch dengan cara mencetak baja beraturan. Secara umum bolt dibuat dari sebatang baja, baja tahan karat (stainless steel) atau kuningan dimana salah satu ujungnya mempunyai drat dan ujung lainnya mempunyai kepala. Kepala bolt mempunyai standar ukuran sesuai urutan kunci agar bolt dapat diputar dengan menggunakan kunci.

Panjang bolt diukur dari bagian bawah kepala bolt hingga ujung bolt dan besar bolt adalah sesuai diameter luar dari ulir bolt. Bolt dapat dibuat mempunyai kekuatan yang berbeda, kekuatan yang paling rendah adalah bolt “grade 1” sedang bolt yang paling kuat adalah diatas “grade 8” dan dikepala bolt ada 7 garis strip sebagai identifikasi. Bagian bolt yang tidak ada ulirnya disebut “grip”, Bolt digunakan untuk mengikat, menahan atau memegang komponen-komponen pada posisi tertentu.

Komponen-komponen harus mempunyai lobang yang besarnya cukup sesuai dengan diameter bolt tapi lebih kecil dari kepala bolt dan lobang bolt pada komponen terakhir mempunyai ulir yang sama dengan ulir bolt. Bolt dapat menahan sesuai kemampuan bila dikencangkan, hal ini membuat bolt stretch (tegangan tarik) dan sedikit lebih panjang hingga komponen-komponen diantara kepala bolt dan ullir (fixture) mendapat tekanan.

Jumlah torque pada baut bila dikencangkan dapat dilihat pada daftar manual. Bolt dengan ulir halus adalah digunakan untuk spesifik torque dan sangat penting atau bolt digunakan untuk setelan yang tepat. 

Beberapa bolt mempunyai karakter khusus untuk pemakaian tertentu, beberapa bolt harus tahan korosi atau corrosion resistance, extra high tensile strength, special head dan beberapa karakter khusus lainnya.

Perhatikan daftar pada pemilihan baut yang tepat, yakinkan bahwa ulir bolt cukup masuk keujung fixture menahan komponen-komponen bila bolt dikencangkan. Gunakan tool yang benar untuk mengencangkan dan melonggarkan bolt.

*Drilled end bolt

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin.html

Drilled end bolt mempunyai sebuah lobang pada ujung bolt, castelled nut, cotter pin, spacer atau washer. Karakteristik drilled end bolt sama dengan standar bolt, tambahan pada drilled end bolt adalah sebuah lobang menembus dekat ujung bolt, lobang adalah bagian dari ulir bolt.

Lobang ini memberikan gambaran type dari bolt, alat pengancing ini digunakan bila nut dan bolt dikencangkan pada minimum torque atau disana ada bahaya jika nut dapat kendor selama operasi. Bolt ditaruh melalui komponen-komponen yang akan dipegang dan sebuah casteled nut atau slotted hex nut dipasang pada ujung bolt dan dikencangkan sesuai torque yang benar. Jika lobang pada bolt tidak sebaris dengan slot pada nut, nut dikencangkan lagi hingga keduanya satu baris (sejajar).

Kemudian cotter pin dipasang melalui lobang pada ujung bolt dan slot pada nut kemudian salah satu atau kedua ujung cotter pin dilipat atau dibengkokkan terhadap nut, hal ini akan memegang nut tetap pada posisi yang sama pada bolt jika disana getaran selama operasi.

Catatan:
Gunakan drilled end bolt dengan ukuran yang benar untuk pekerjaan yang akan dilakukan, jangan mengendorkan castelled atau slotted nut untuk mensejajarkan antara slots dan lobang pada ujung bolt untuk mendapatkan kelurusan harus dengan mengencangkan nut. Gunakan cotter pin yang dibuat sesuai dengan ukuran lobang pada drilled end bolt yang digunakan.

* Drilled head bolt

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin.html

Drilled head bolt mempunyai gambaran yang sama dengan standar bolt, ada tambahan pada sifat-sifat standar bolt yaitu drilled bolt mempunyai sebuah lobang bulat menembus kepala bolt. Lobang ini memberikan gambaran type dari bolt.

Alat pengancing ini digunakan untuk memegang komponen-komponen yang menunjukkan kebutuhan peralatan khusus. Juga dapat digunakan bilamana bolt harus menahan atau agar supaya bolt tidak akan berputar selama mesin dioperasikan.

Lock wires adalah pasangan dengan drilled head bolt, lock wires adalah dipasang melalui lobang pada kepala bolt. Dimana lock wire adalah dalam posisi terus menyambung urutan dari drilled head bolt, lock wire dapat diikat atau dikancing dengan sebuah segel.

* Plow bolt

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-pada-mesin.html

Plow bolt mempunyai kepala bundar bila dilihat dari atas, bagian atas kepala mempunyai permukaan rata atau membusur. Ada juga yang mempunyai sisi tirus dari ujung atas menuju bagian yang ada ulir. Dibagian bawah sisi tirus ada sisi rata empat persegi, sisi-sisi empat persegi secara umum mempunyai panjang yang sama dengan diameter bolt.

Panjang grip diukur dari pinggir atas kepala bolt kepermukaan ulir, panjang bolt diukur dari pinggir atas kepala bolt keujung bolt. Panjang kepala bolt diukur dari pinggir atas bagian bawah sisi empat persegi.
Gambaran dari sebuat plow bolt akan mengingatkan gambaran standar bolt plus diameter kepala, ukuran sisi empat persegi, panjang dan sudut tirus dari kepala bolt.

Alat pengikat jenis ini digunakan untuk menjaga agar permukaan bebas dari kepala bolt yang besar. Sebagai contoh adalah pengikat cutting edge motor grader.Tanah harus menggulung halus diatas bagian-bagian yang dikancing. Dalam komponen pertama dimana plow bolt dimasukkan harus mempunyai lobang dengan sisi tirus dan bawahnya empat persegi cocok atau pas dengan kepala plow bolt.

Lobang ini tidak akan membolehkan plow bolt ikut berputar saat dikunci dan bagian atas kepala bolt tidak dapat dipegang dengan kunci. Pembuatan plow bolt dan mur caterpillar adalah diheat treated untuk tambahan kekuatan. Hardened washer secara umum digunakan dengan plow bolts.

Catatan:
Gunakanlah plow bolt dengan ukuran yang benar untuk pekerjaan yang akan dilakukan. Pastikan bahwa kepala plow bolt pas atau cocol dengan ukuran lobang dalam komponen yang akan dikancing. Gunakan heat treat mur memegang plow bolt pada posision dan berikan torque yang benar.