Komponen Umum Mesin Sesi Kelima

Rivet

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-sesi.html

Rivet adalah dibuat dari metal lunak (soft metal rod), mempunyai satu kepala disatu ujung rivet dan ujung lainnya adalah lurus (shank end). Ukuran atau size dari rivet akan ditentukan berdasarkan diameter dari shank, panjang hank dan bentuk kepala.

Alat pengikat ini digunakan untuk memegang dua atau lebih komponen-komponen bersama-sama. Rivet dipasang melalui lobang-lobang yang telah disediakan dalam komponen-komponen kemudian ujung rivet yang lurus dikeling atau dibentuk menyerupai kepala rivet.

Sebuah riveting machine, rivet set atau ball peen hammer dapat digunakan untuk membentuk ujung shank hingga rivet akan mempunyai dua kepala dan memegang komponen komponen dengan ketat. Suatu assembly yang tidak ketat (kuat) akan dapat menyebabkan rivet menjadi patah.

Snap Ring

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-sesi.html

Snap ring dibuat dari baja per (spring steel) berbentuk lingkaran (circle) yang tidak tertutup disatu lokasi. Rings yang cocok masuk kedalam external grooves adalah external snap ring dan ring yang cocok masuk kedalam internal grooves adalah internal snap ring.

Beberapa snap ring mempunyai sebuah lobang kecil pada masing-masing sisi ujung ring, lobang kecil ini dibuat agar supaya plier snap ring dapat digunakan untuk membuka dan memasang snap rings.

Alat pengikat ini digunakan untuk memegang atau membatasi gerakan dari pins atau shafts. Sebuah external snap ring akan cocok masuk disebuah groove disekeliling sebuah pin atau shaft dan internal snap ring akan cocok masuk dalam sebuah groove disekeliling sebuah lobang. Snap ring expansion atau compression akan digunakan untuk memasang snap ring dalam posisinya.

Spring clip

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-sesi.html

Spring clip dibuat dari baja per (spring steel), kawat spring steel ditekuk kedalam dibentuk dengan dua kaki (prongs) berupa garis grafik (curves) dipaskan dengan diameter luar dari sebuah pin. Satu dari prong dapat dibuat lurus pada beberapa spring clips, tekukan diantara dua prong akan berupa sebuah mata yang digunakan agar spring clip muda dibuka. 

Ukuran (size) dari spring clip akan digambarkan melalui diameter kawat spring dan bentuk dari prongs. Alat pengikat ini digunakan untuk memegang pins dan posisinya, pins mempunyai parit (groove) dilokasi dimana dia dipegang oleh spring clip.

Spring didorong pas masuk kedalam groove dalam pin, spring clip dengan satu prong lurus digunakan bila pin mempunyai lobang (drilled hole) dan prong lainnya memegang pada bagian luar pin.

Cable and tube clip

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-sesi.html

Cable and tube clip dibuat dari metal datar (strips) dan dibengkok sesuai dengan bentuk yang benar. Clips akan mempunyai garis lengkung (curves) dalam sebuah posisi yang dapat memegang satu atau lebih cables atau tube (pipa, slang, hose) dan diposisi lain ada satu atau lebih lobang agar supaya clip dapat diikat dengan bolt atau screw dalam posisi rigid (berjarak tertentu).

Beberapa clips akan dibengkok melingkari sebuah cable atau tube dan mempunyai sebuah lobang bolt. Type clip ini digunakan untuk memegang cable atau tube dalam suatu posisi tertentu untuk mencegah kerusakan atau terjadinya gesekan-gesekan dengan komponen-komponen lainnya.

Beberapa clip memegang cable atau tube secara langsung ditahan sebuah permukaan rigid, beberapa clips dipasang mengitari cable atau tube dan diikat kesebuah permukaan dimana cable atau tube tidak menyentuh permukaan. Biasanya pemakaian cable ini adalah untuk mencegah kerusakan akibat panas disekitar komponen mesin.

Plastic Strap

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-sesi.html

Plastic strap atau wrap tie adalah flexible plastic strap dengan sebuah mata pada satu ujung, dibagian dalam mata ada lock metal yang membolehkan strap masuk melalui mata hanya satu arah. Setelah plastic strap ditarik pada posisi yang diinginkan, strap tidak akan dapat ditarik lagi kembali keluar atau dikendorkan.

Plastic strap mudah dipotong dengan diagonal plier, plastic strap dapat digunakan untuk mengikat beberapa wires atau cables dipegang berupa group. Plastic dipasang melalui mata dan ditarik hingga kuat melingkari wires-wires.

Spacers and shims

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-sesi.html

Spacer and shims secara umum adalah dari beberapa potong metal datar dengan ketebalan yang merata. Tepi bagian luar umumnya lurus berbentuk segi empat segi atau berbentuk lingkaran. Beberapa shim mempunyai lobang untuk ukuran tertentu dan dilokasi tertentu. Ukuran atau size akan digambarkan, termauk ketebalan, panjang dan lebar, diameter luar jika bulat, ukuran lokasi dari beberapa lobang.

Spacer dan shim digunakan untuk memberikan jarak tertentu antara dua komponen yang diikat bersama-sama. Beberapa spacer atau shim dengan ketebalan yang berbeda dapat digunakan bersama-sama untuk mendapatkan jarak tertentu yang dibutuhkan.

Sebelum spacer dan shim digunakan harus diyakinkan bersih dan tidak bengkok. Material dari luar yang nempel pada permukaan shim dapat menyebabkan ketebalan yang tidak merata. Bila beberapa shim akan digunakan biasanya yang tipis ditaruh diantara yang lebih tebal.

Turnbuckle

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-sesi.html

Sebuah turnbuckle mempunyai tiga bagian komponen, dua adalah metal roda mempunyai mata atau hook diujungnya dan bagian rods mempunyai ulir, satu rod mempunyai ulir kanan dan satu rod lagi mempunyai ulir kiri.

Masing-masing rod dicocokkan untuk masing-masing ujung (ujung yang berlawanan) sari sebuah peralatan (centre fixture). Jarak antara dua mata masing-masing rod akan bertambah atau berkurang bila center fixture diputar. Untuk merobah arah dari kedua gerakan mata rod (saling menjauhi atau saling mendekati, menambah atau mengurangi jarak) adalah tergantung perubahan arah purtaran dari center fixture.

Peralatan ini digunakan untuk memegang dan merubah jarak antara dua komponen dengan cara mengikat masing-masing mata ujung rod kemasing-masing komponen, bila center fixture pada turnbuckle diputar maka jarak antara kedua komponen akan berubah.

Turnbuckle akan dapat juga digunakan menahan suatu adjustment yang diinginkan, jam nuts dapat digunakan untuk menahan center fixture atau mengunci turnbuckle disuatu penyetelan tertentu.