Komponen Umum Mesin Sesi Ketiga

Lock wire

Lock wire dibuat dari kawat berdiameter kecil agar dapat ditekuk dengan mudah, biasanya dua dari wire diplintir mengelilingi wire ketiga yang lurus. Jumlah diameter dari kumpulan wire tersebut harus cukup kecil supaya dapat masuk melalui lobang pada drilled head bolt. Sebuah segel metal dapat digunakan untuk mengikat lock wire supaya tidak longgar.
 
https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-bagian.html

Seri 5P1660 govenor sealing tool group berisi bagian dan alat yang dibutuhkan untuk memasang lock wire. Pada umumnya pengguna lock wire adalah untuk menyegel komponen yang mana disetel atau dibuka hanya oleh dealer. Dua atau lebih drilled head bolt adalah digunakan untuk memegang komponen pada posisinya. 

Lockwire dapat juga digunakan untuk memegang drilled head bolt supaya tidak akan kendor, dalam penggunaan ini lock wire dipasang (masuk) melalui dua atau lebih lobang drilled head bolt dan diplintir sehingga jika salah satu dari bolt mulai longgar wire akan di tarik lebih kuat. Lock wire harus dibuka untuk mengendorkan drilled head bolts.

Flat Washer

Flat washer adalah sebuah metal rata dipotong berbentuk bulat. Ditengah washer ada lobang bulat. Sifat-sifat dari flat washer adalah bervariasi sesuai material, kekerasannya, kehalusannya, kualitas dan ukurannya.
https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-bagian.html

Secara umum material dari flat washer dibuat dari steel, brass atau aluminium, ketebalan dari washer adalah jarak antara kedua sisi yang datar, lebar washer adalah diukur diameter luar dari washer. Ukuran dari bolt yang digunakan dengan washer adalah sama sesuai dengan gambaran ukuran lobang dalam washer.

Flat washer digunakan untuk menahan beban yang disalurkan diatas penampang yang lebih besar dari pada kepala bolt atau nuts. Flat washer dapat digunakan diantara kepala bolt atau nuts dan permukaan komponen. Type dan ukuran flat washer yang benar diharuskan sesuai pemakaian. Periksa buku manual untuk mendapatkan part number yang benar dari flat washer sehingga pengguna tidak salah tempat.

Hard Washer (Flat)

Hard washer mempunyai gambaran yang sama dengan flat washer, hard washer dibuat dari steel and heat treated (panas tertentu) agar kekuatannya sangat tinggi dan sukar untuk ditekuk.
 
https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-bagian.html

Hard washer umumnya berwarna gelap atau kehitam-hitaman, yakinkan periksa buku manual untuk mendapatkan washer yang memiliki kekerasan yang tepat. Hard washer digunakan sama dengan penggunaan flat washer lainnya, dapat juga digunakan bilamana diameter lobang lebih besar dari diameter bolt yang melaluinya, hard washer tidak akan bengkok seperti soft washer bila torque pada bolt atau nut adalah besar.

Lock Washer

Lock washer (spilit spring) adalah dibuat dari cincin spring steel yang pas mengelilingi baut. Permukaan atas dan bawah dari lock washer adalah rata. Ring dipotong (split) melalui lokasi dan satu ujungnya ditekuk. Penjelasan ukuran dari spring lock washer adalah sama sesuai dengan ukuran flat atau hard washer.
https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-bagian.html

Spring lock washer digunakan sebagai pelapis diantara kepala bolt atau nut dan komponen yang diikat. Type washer ini mempunyai permukaan yang sama untuk mengencangkan pengikat, tekukan lock washer akan rata sesuai kepala bolt atau nut bila bolt dan nut dikencangkan. 

Tenaga spring dari lock washer ini akan membuat pengikat dalam keadaan berat (ada beban) dan beban ini akan membantu menjaga pengikat tetap kuat (tidak kendor). Yakinkan melalui buku manual bahwa pengikat menggunakan spring lock washer atau tidak.

Lock washer internal dan external toothted

Gigi-gigi lock washer adalah disekelilingi washer, lobang dalam washer cocok dengan bolt, stud atau sekrup yang akan digunakan dengannya.
External toothed adalah washer dimana potongan motches ada disekeliling diameter luar dari washer. Internal toothted adalah potongan notches (gigi) berada disekeliling diameter dalam washer (lobang bolt).
https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-bagian.html

External dan internal toothted adalah gigi-gigi berada pada diameter luar dan dalam washer, diantara notches ada gigi kecil yang diplintir. Type lock washer ini biasanya digunakan pada sambungan listrik.
 
Gigi yang diplintir pada lock washer kerjanya mirip dengan spring lock washer. Gigi-gigi ini akan memotong kedalam pengancing dan memegang pengancing dalam kondisi dibebani, sehingga pengancing (sekrup) tidak dapat kendor.

Square seat conical washer

Square seat conical washer dibuat dari sepotong baja bulat dengan sebuah lobang dibagian tengah. Square seat conical washer tidak rata jika pinggir luar dari washer diletakkan menahan permukaan yang rata, bagian tengah dari washer akan mempunyai sedikit jarak diatas permukaan yang rata. 
 
Jarak ini adalah tinggi dari square seat conical washer, ukuran atau size dari washer adalah ditentukan termasuk diameter luar, diameter lobang, ketebalan dan tinggi.
 
https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-bagian.html
 
Square seat conical washer digunakan untuk membuat tenaga pengancing terpusat diatas luas penampang. Soft atau thin metals tidak rusak oleh pengancing bilamana areanya ditambah tenaga. Bentuk conical juga menyebabkan washer memberikan tenaga spring sesuai kepala bolt dan melawannya bergerak, tenaga spring membantu menjaga supaya bolt tetap kencang.

Tread Forming Screws

Tread Forming Screws mempunyai bagian kepala dan ulir, panjang grip sangat pendek. Tread Forming Screws dibuat dari baja keras (hardened steel), Pada bagian ulir akan meruncing diujung screw. Panjang dan ulir dari thread forming screw adalah dukuru sama sesuai bolts dan machine screw lainnya.
 
https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-bagian.html

Thread forming screw ada dua type yakni, thread rolling screw dan thread cutting screw, alat pengancing ini digunakan untuk memegang bagian-bagian metal yang tidak mempunyai beban yang tinggi.

Dengan thread forming screw, lobang screw tidak membutuhkan ulir (internal threads) sebelum diassemble. Diameter dari lobang harus sedikit lebih kecil dari pada diameter screw. Ulir dalam akan dibuat sesuai screw bila screw diputar masuk kedalam lobang. Bilamana menggunakan lobang dengan ulir akan membuat thread forming screw lebih mudah masuk dengan lurus.

Set Screw

Set Screw dibuat dari baja heat thread, screw umumnya mempunyai kepala persegi, hex head atau tanpa kepala. Set screw tanpa kepala mempunyai sebuah slot atau hex socket pada ujung. Ujung yang lain mempunyai bentuk yang cocok sesuai penggunaan set screw, bentuknya dapat bulat, rata, cup atau cone. Diantara kedua ujung set screw ada ulir external.
 
https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-bagian.html

Alat pengikat ini digunakan untuk memegang satu komponen dalam posisi tertentu pada komponen kedua. Satu komponen mempunyai satu lobang dengan ulir yang cocok dengan ulir screw, set screw dapat diputar masuk kedalam lobang hingga menekan komponen kedua, pada komponen kedua dapat mempunyai lobang kecil, penampang yang rata yang cocok dengan ujung set screw.

Bar key

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-bagian.html

Bar key dapat dibuat dari hard atau soft metal, sisi-sis bar key adalah rata dan masing-masing sisi-sisi yang berlawanan adalah sejajar. Periksa buku manual dan buku katalog untuk memastikan bahwa bar key yang digunakan adalah benar. Bar key digunakan untuk memegang sebuah komponen pada posisi tertentu disekitar diameter shaft.

Pada sisi luar shaft ada axial groove sebagai keyslot dan pada sisi dalam lobang komponen yang akan dipegang ada juga groove sebagai keyway. Komponen dipasang keshaft hingga keyslot dan keyway adalah sejajar. Kemudian bar key dapat dimasukkan kedalam keyslot dan keyway. Sebuah hammer lunak dan dapat digunakan untuk memasang bar key pada posisinya.

Wooddruff key

Wooddruff key dibuat dari bahan yang sama dengan bar key, bagian atas dan sisi-sisi samping wooddruff key adalah rata. Pada bagian bawah atau dari ujung keujung key dibuat melengkung atau setengah lingkaran. Gambar pengukuran wooddruff key adalah ketebalan dan diameter dari lingkaran.
 
https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-bagian.html

Wooddruff key adalah digunakan untuk memegang satu komponen pada posisi tertentu disekitar siameter shaft. Pada sisi luar shaft ada keyslot dimana wooddruff key digunakan pada bagian bawah key dlot dibuat tikungan sama dengan tikungan pada wooddruff key.

Dan pada komponen ada groove sebagai key way, wooddruff key diposisikan pada shaft kemudian komponen didorong masuk pada shaft bilamana key slot dan key way adalah sejajar.

Roll pin

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-bagian.html

Roll pin adalah sebuah baja bulat kecil memanjang, pin ini melingkara dan terbuka satu sisinya, tidak solid pin, dia dapat dibuat lebih kecil melingkar. Roll pin mempunyai tenaga spring melingkar, mempunyai chamfer pada kedua ujung roll pin.

Roll pin digunakan untuk menahan komponen-komponen supaya tidak pindah atau berobah arah dari roll pin. Roll pin adalah dipegang oleh satu atau lebih lobang-lobang, dan diameter lobang-lobang ini harus lebih kecil dari diameter roll pin sebelum dipress.

Sebuah martil lunak dapat digunakan untuk memasukkan roll pin kelobang, untuk membuka sebuah roll pin dapat menggunakan drift punch yang diameternya sedikit lebih kecil dari diameter luar roll pin.

Flat metal lock

https://pernando413.blogspot.com/2020/12/pengenalan-komponen-umum-mesin-bagian.html

Flat metal lock biasanya dibuat dari metal lentur, beberapa lock dikeraskan untuk pemakaian khusus. Flat metal lock adalah potongan-potongan dari metal dengan satu atau lebih lobang didalamnya yang besar lobangnya cukup untuk dimasuki bolt yang akan digunakan dengannya. 
 
Tepi bagian luar dari metal lock harus lebih besar dari pada kepala bolt atau nut, tepi bagian luar dapat mempunyai bentuk spesial untuk pemakaian yang spesifik. Lihat buku manual untuk penggunaan metal lock yang benar.

Metal lock digunakan untuk memegang kepala bolt atau nut supaya tidak akan berputar. Lock dipasang diantara kepala bolt atau nut dan komponen yang dipegang, setelah pengikat dikencangkan kemudian satu dari tepi flat lock ditekuk menahan satu sisi rata dari pengikat (kepala bolt atau nut). Satu tepi lock dapat ditekuk terhadap pengikat dan satu lagi terhadap sisi komponen.

Catatan: 
Metal lock biasanya digunakan hanya satu kali pakai.