Standar Operasional Prosedur (SOP) Elevator

https://pernando413.blogspot.com/2020/07/standar-operasi-prosedur-sop-elevators.html

Tujuan: memindahkan nut, cangkang, kernel ke mesin terkait. Pada Stasiun thresher, press, kernel. 
 
Sebelum Proses
Memastikan elevator pada kondisi tertutup, jaga kebersihan platform dan pondasi motor gearbox, periskasa terpasang penutup coupling atau rantai dan cover motor.

Sedang proses
Menjalankan mesin dengan pertama hidup dan terakhir mati, dalam proses berlangsung operasi amati getaran yang timbul. Bila timbul getaran yang tinggi, segera informasikan ke mandor, supervisor atau assisten, Pastikan tutup elevator terpasang pada saat beroperasi, periksa dan amati Ampere beban motor (bila ada dipasang amp meter), bila ditemui jarum amper motor bergerak tidak stabil menunjukkan ada sesuatu yang menjepit bucket, rantai atau kondisi sprocket yang kurang baik, segera lapor ke mandor, supervisor atau assisten, Berilah masukan yang baik dan berkelanjutan.

Setelah proses
Waktu akan menghentikan elevator pastikan elevator telah kosong bucket-nya, baru dimatikan sebelum pergantian shift pulang, matikan alat jika proses telah selesai, berhentikan alat lakukan dengan pertama hidup terakhir mati, Catat hour meter stop proses pada log sheet (bila ada terpasang hour meter), Lakukan pembersihan elevator setiap minggu, Simpan kembali alat kerja dan alat pelindung diri pada tempatnya dengan rapi.

Catatan
Dalam melakukan pembersihan atau perbaikan suatu alat, pastikan telah   dipasang  tag out dan dilakukan lock out, Bila telah selesai melakukan pembersihan atau perbaikan suatu alat, pastikan sudah mencabut tag out dan dikembalikan lock out.

Peringatan
Bila terjadi kerusakan  segera laporkan ke Mandor atau Assisten pabrik. Alat kerja dan pelindung diri yang digunakan: Sarung tangan kulit, masker hidung, helm, safety shoes, ear plug.