Engine Low Power Pada Traktor Newholland TD 90

https://pernando413.blogspot.com/2020/07/engine-low-power-pada-traktor.html

Penyebab Masalah Engine Low Power Traktor Newholland TD 90

Permasalahan pada mesin tidak bertenaga pada Traktor Newholland TD 90 Sering terjadi pada sistem fuel atau saluran minyak. Minyak adalah jadi permasalahan utama, minyak yang kotor dan bercampur air sering terjadi. 
 
Sehingga menyebabkan mesin tidak bertenaga, gejalanya mesin akan mengeluarkan asap putih seperti kabut saat di jalankan, adanya getaran yang berlebihan pada mesin dengan suara mesin sinjal dan bila di jalankan dengan jarak tidak terlalu jauh mesin akan mati mendadak.

Karena minyak yang kotor dan bercampur air akan mengotori filter sehingga aliran minyak menjadi buntu dan disepanjang aliran fuel akan mengakibatkan gelembung udara yang menyebabkan mesin tidak bertenaga. Gejala ini akan menyebabkan ujung dari injektor pembakaran menimbulkan plak atau karat pembakaran menjadi salah satu penyebab mesin tidak bertenaga.

Solusi Permasalahan Engine Low Power Traktor Newholland TD 90
 
Ada beberapa langkah yang harus di lakukan untuk penanganannya:
 
1. Cek Pompa Minyak dan Filter minyak
Lakukan pengecekan di sistem fuel  dari filter sampai aliran minyak di injektor, terdapat di bagian atas mesin setelah membuka kabin mesin, tidak ada kebocoran minyak karena bila ada kebocoran maka suplay minyak tidak stabil dan adanya gelembung udara.
 

https://pernando413.blogspot.com/2020/07/engine-low-power-pada-traktor.html

Buka filter minyak pada filter no 1 lakukan pembersihan pada filter, apabila masih memungkinkan untuk di pakai kembali harus di lakukan dengan bersih, caranya mencuci dengan minyak solar yang bersih. Dan apabila filter sudah sangat kotor dan tidak memungkinkan di pakai segera ganti dengan yang baru.

Setelah di ganti filter pasang kembali dengan mengisi minyak kedalam filter sampai penuh, kemudian cek pompa fuel pada keterangan gambar nomor 0.20.1. pastikan pompa fuel bersih dan tidak ada bocor serta lakukan tes manual dengan memompa pakai tangan, apabila ada tekanan maka pompa masih dalam keadaan baik.

2. Cek filter  Air Minyak
https://pernando413.blogspot.com/2020/07/engine-low-power-pada-traktor.html
 
Posisi filter ini berada dekat dengan tangki minyak, fungsinya menyaring kotoran dan air dari tangki ke pompa minyak sebelum di alirkan ke pompa manual. Filter ini juga sebagai bypass ke pompa minyak bila suplay kurang dari pompa manual.

Periksa dan bersihkan filter atau Racor bila adanya kotoran dan air, tetapi bila racor sudah berwarna hitam dan tidak dapat di bersihkan kembali segera lakukan penggantian dengan yang baru.

Bila sudah di bersihkan racor atau ganti filter pasang kembali dengan mengisi filter dengan minyak sampai penuh, cek kembali untuk memastikan tidak ada kebocoran baik dari selang atau tutup atas filter.

3. Cek Injeksi Pump
Engine Low Power Pada Traktor Newholland TD 90
 
Lakukan pemeriksaan pada sistem fuel pada pompa injeksi, biasanya gejala ringan seperti ini jarang terjadi kerusakan pada pompa injeksi, sangat kecil kemungkinan. Tetapi apabila sering mengalami hal tersebut ada kemungkinan masalah pada pompa dan perlu di perbaiki pompa injeksi.

Lakukan pemeriksaan pada injektor buka baut sambungan pipa minyak dengan injektor, lepas dan cabut injektornya, untuk Newholland TD 90 terdapat 4 injektor. Pasti terdapat plak atau karat pada ujung nozzle. Lakukan pembersihan dan pastikan lubang nozzle tidak tersumbat dan minyak lancar.

Setelah semuanya bersih, pasang injektor dan selang minyak dari filter ke pompa tersambung semua dengan benar. Setelah itu pompa manual dengan menekan pakai tangan lihat dan periksa apakah minyak naik atau mengalir ke saluran minyak injektor. Setelah semua mengalir pastikan tidak ada gelembung udara pada saluran minyak. 

Setelah semuanya oke hidupkan mesin untuk melakukan pengecekan akhir. Mesin hidup dan perhatikan asap pada saluran pembuangan pada kenalpot atau muffler akan berwarna hitam. Pada saat mesin hidup asap keluar putih dan beberapa detik kemudian akan berwarna hitam. Itu menandakan pembakaran mesin normal dan mesin kembali dalam keadaan baik.