Stasiun Press ( Digester Dan Screw Press )

Digester

Berfungsi untuk mengaduk berondolan yg sudah terisi penuh dengan menggunakan pisau pengaduk yg terpasang pada bagian poros, sedangkan pisau bagian dasar sebagai pelempar ata mengeluarkan buah dari digester ke screw press.
 
https://pernando413.blogspot.com/2019/06/stasiun-press-digester-dan-screw-press.html
 
Spesifikasi:
Merek MSB DG P15, Quantity 4 unit, Kapasitas 4000 ltr, Kecepatan 22-25 rpm, E.Motor Induction motor 40 Hp, Putaran 1470 rpm / 30 kw / 415 V.

Fungsi Digester:
Mencabik-cabik buah untuk memudahkan pekerjaan pengempaan sehingga minyak dengan mudah dapat dipisahkan dari daging buah dengan tingkat kerugian yang minimal.

Proses Control:
1.Auto level digester , 3/4 penuh
2.Temperatur digester, 90 – 95 oC 

Suatu unit berbentuk bejana atau silinder yang didalamnya terdapat batang pengaduk (strainer) yang berputar terus, dimana buah yang matang berasal dari stasiun bantingan dimasukkan melalui serangkaian elevator dan conveyor untuk diaduk dan dilumatkan yang bertujuan untuk memudahkan proses pengempaan (press) sehingga dengan mudah biji dapat dipisahkan dari daging buah dengan tingkat kerugian yang sekecil-kecilnya.

Adapun syarat - syarat pengadukan yang baik adalah sebagai berikut:
1. Pengadukan harus menghasilkan peremasan yang optimal sehingga dengan mudah daging buah terlepas seluruhnya dari biji, tidak boleh terdapat buah yang masih utuh (daging buah masih melekat pada bijinya).

2. Pengempaan harus menghasilkan masa yang merata dan biji tidak boleh memisah dari masa untuk kemudian turun ke bagian bawah ketel pengaduk.

3. Daging buah tidak boleh teremas lumat menjadi bubur, struktur serabut dari daging buah harus tampak.

4. Minyak kasar yang keluar dari daging buah selama pengadukan harus dialirkan keluar bejana pengadukan untuk menghindarkan pembentukan emulsi.

5. Pemanasan ±950C selama proses pengadukan diperlukan untuk mempertinggi efek pengempaan. Pemanasan tidak boleh mengakibatkan masa yang teraduk menjadi mendidih dan untuk itu suhu harus dapat diatur dan selalu diukur guna mendapatkan  hasil yang optimal.

Screw Press:
Fungsinya untuk memeras berondolan yg telah dicincang dari digester untuk mendapatkan minyak kasar.oleh adanya tekanan screw yg ditahan oleh cone dan diperas sehingga melalui lubang-lubang press cage minyak dipisahkan dari serabut dan biji.
 
 
https://pernando413.blogspot.com/2019/06/stasiun-press-digester-dan-screw-press.html
 
Spesifikasi Screw press:
Merek: Msb, Type : P15, Kapasitas 15 Ton/jam, Kecepatan 22-25 rpm
E.Motor: Merek: Induction motor 40 Hp, Putaran: 1470 rpm/30 kw/415 V

Parameter uji:
1.Oil loses : ≤ 4 %
2.Biji terhadap contoh dalam press cage : ≤ 35 %
3.Biji pecah : ≤ 15 %
4.Oil loses pada cangkang : ≤ 0,4 %.