Standar Operasional Prosedur (SOP) Mesin Skrap

https://pernando413.blogspot.com/2019/05/standar-operasi-prosedur-sop-mesin-skrap.html

Start/Hidup
Melakukan pengecekan level oli, apabila oli berkurang lakukan penambahan dan periksa apakah ada kebocoran. Periksa kekencangan V-Belt jika kendor lakukan pengencangan dengan melaporkan ke divisi maintenance, pemasangan pisau scrap sampai kencang supaya tidak terlepas dan gunakan pisau dengan material benda yang akan di kerjakan. Pemasangan dan pengencangan benda kerja sampai kuat di ragum.

Tekan tombol on/hidup kan mesin dan setting pisau skrap dengan benda kerja sesuai yang di inginkan secara bertahap. Lakukan pendinginan benda kerja dan pisau dengan menyiram air pendingin selama penyekrapan supaya pisau skrap tidak rusak. Jika di temukan permasalah pada saat mesin di operasikan tekan tombol emergency stop mesin untuk mematikan mesin secara cepat agar menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Stop/Mesin berhenti
Tekan tombol Off/berhenti untuk mematikan putaran mesin, buka dan lepas benda kerja dari ragum, buka pisau pada mesin skrap. Bersihkan mesin dari geram-geram halus yang menempel pada mesin dan kotoran-kotoran lainnya agar mesin tetap bersih dan bisa di pakai lagi. Bersihkan area kerja agar kelihatan bersih.

Catatan
Diwajibkan menggunakan alat pelindung diri (APD) saat bekerja demi menjaga keselamatan dan kesehatan kerja (K3).