Cara Pengecekan Harian Alat Berat Sebelum di Jalankan Operator

 https://www.pernando413.com/2023/11/cara-pengecekan-harian-alat-berat.html

Hi sobat sekalian...salam kenal untuk semua para operator alat berat.
 
Kegiatan rutinitas pengecekan harian sudah sering kali atau setiap hari di kerjakan oleh para operator. Pada pembahasan kali ini kita hanya sharing atau mengingatkan agar tidak lupa saja pada kegiatan tersebut.

Jadi apa saja yang sering di cek pada alat berat tersebut, yakni:

1. Pengecekan visual pada body unit atau alat berat
Pada pengecekan visual operator sebelum naik ke kabin dan menghidupkan unit terlebih dahulu harus mengecek secara visual alat berat tersebut. Pengecekan di lakukan pada track, apakah kendor atau ban pada alat berat roda, apakah tekanan udara masih standar. 

Bila ada kelainan bisa di tulis pada daily cek atau carlog. Kemudian lanjut mengecek body sekeliling dan melihat ada kebocoran atau tidak. Pastikan tidak ada yang rusak atau penyok.

2. Pengecekan oli, minyak dan saringan udara
Selanjutnya operator kemudian mengecek oli diantaranya oli mesin, pastikan sesuai dengan level, kemudian oli transmisi, hidraulic dan lainnya. Biasanya pada alat berat terdapat stick oli atau glas level oli yang memudahkan operator melihat apakah oli kurang atau tidak.

Pada glass level tersebut terdapat 2 garis yakni level high dan level low, level standar biasanya berada di tengah atau diantara high dan low. Bila di bawah low harus di tambah olinya karena kurang. Juga pada oli mesin bisa di lihat pada stick oli engine, kemudian di cek minyak atau bahan bakar, pastikan cukup untuk bekerja. 

Juga di cek kebocoran-kebocoran oli dan minyak, maupun jika di temukan kebocoran pada selang minyak. Pastikan semua aman, tidak ada kebocoran karena bisa berakibat pada penurunan kemampuan maupun kebaran unit. Kemudian pengecekan firtel atau saringan udara, pastikan tidak ada debu pada filter, bila terdapat banyak debu segera lakukan pembersihan filter atau saringa udara.

3. Pengecekan kelistrikan
Pengecekan yang terakhir yakni pengecekan kelistrikan, operator strat mesin dan cek kelistrikan apakah semua normal. Cek semua monitor, lampu, kabel-kabel pada mesin semua aman. Bila terdapat kelainan pada kelistrikan segera matikan unit dan laporkan pada mekanik atau elektrikal untuk di lakukan perbaikan.
 
Karena bisa mengakibatkan korsleting akibat arus pendek. Hasil pengecekan di tuliskan oleh operator pada laporan daily inspeksi atau laporan cek harian. Semoga bermanfaat.