Aset Yang Harus Dimiliki yang Membuat Anda Kaya

 https://www.pernando413.com/2023/07/aset-yang-harus-dimiliki-yang-membuat.html

Jenis aset dan investasi yang bikin untung, hampir semua orang pengen jadi kaya raya. Kaya sendiri artinya banyak harta seperti uang, emas, bangunan dan sebagainya. Salah satu jalan menuju kekayaan adalah memiliki aset dan investasi yang sesuai dengan kemampuan. 

Aset dan investasi ini bisa jadi tabungan buat anda di masa depan. Beda sama tabungan yang cuma bisa mengamankan aset investasi dapat mengembangkan aset yang anda punya. Dengan tips bagaimana cara anda membangun kekayaanmu dan juga menjalani hidup di era yang serba tidak kenal ampun.

Berikut beberapa aset yang harus anda miliki, yakni:

* Uang tunai
Uang tunai termasuk kedalam aset yang liquid artinya aset yang tunai dan bisa dipakai kapan saja. Cara mudah dan cepat, lalu kenapa uang tunai bisa menguntungkan. Uang tunai atau kas adalah aset yang biasanya Anda simpan dalam hal aset ini mudah ditarik apabila anda membutuhkannya. Buat satu hal terutama jika sedang berada dalam situasi darurat semacam krisis sifatnya yang liquid dan mudah dipakai.

Menjadikan uang tunai sebagai pilihan yang menguntungkan untuk disimpan. Namun ada lagi bentuk manfaat uang tunai yang bisa anda peroleh, jika anda taruh di sana salah satunya adalah virtupeer landing atau bahasa gampangnya dipinjamkan ke orang lain tanpa perantara seperti perbankan. Jadi virtupeer sering ini bisa dibilang menguntungkan buat pemilik uang tunai.

Karena kalau uang tunai dipinjamkan ini bunganya bisa besar, tempo meminjamkannya juga fleksibel sesuai sama kebutuhan dari peminjam uang virtupeer landing. Ini juga berlaku sebaliknya, orang juga bisa menarik uang tunai kapanpun disini sama kayak punya tabungan. Uang tunai jadi bisa langsung digunakan, uang tersebut buat berbagai keperluan. Biarpun perlu juga dipahami kalau bunga di sini lumayan besar.

* Emas dan logam mulia
Emas dan logam mulia adalah jenis investasi yang melindungi nilai asetnya. Bahkan emas dan logam mulia dikatakan sebagai aset seven. Kenapa begitu emas dan logam mulia disebut sebagai aset yang seven karena nilainya tidak terpengaruh oleh krisis ekonomi yang melanda di suatu negara. Kayak misalnya resensi pada saat ekonomi semakin tidak jelas bahkan nilai emas itu bisa terus meningkat di tengah menurunnya nilai aset investasi lain. Karena emas itu aset yang nyata bukan cuman kertas.

Selain itu emas sebagai alat tukar yang diakui di negara manapun di seluruh dunia. Ini dimanapun anda tinggal tak heran kalau banyak orang tua kita atau orang-orang jaman dulu itu membeli dan menyimpan banyak emas. Tujuannya semata-mata untuk melindungi kekayaan mereka dari bentuk penurunan dan antisipasi kebutuhan di masa depan.

* Saham
Kita semua sering mendengar istilah infertilitas atasi saham, sering pula kita dengar banyak orang yang jadi kayak karena investasi saham. Nah kenapa saham bisa membuat orang untung, saham itu jenis investasi yang punya tingkat return atau keuntungan yang cukup tinggi. Namun ia dibarengi juga dengan resiko yang bisa tinggi pula, biarpun begitu kita juga setuju kalau saham ini dibilang return. Karena tidak semua saham itu sifatnya begitu saham itu semakin tinggi kemungkinan untung semakin besar pula resikonya.

Makanya dikenal saham gorengan yang bisa untung besar tapi bisa anjlok seketika. Jadi aset kalau Anda tanam dalam investasi saham yang benar akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Kenapa begitu, karena perusahaan yang Anda beli surat kepemilikannya atau sahamnya akan terus mengalirkan keuntungan kepada Anda sesuai dengan porsi yang Anda beli. Itu biasa dikenal sama namanya dividen atau bagi hasil laba perusahaan.

Harganya juga bisa terus naik dari tahun ke tahun sesuai membangun bisnis perusahaannya. Kalau yang itu dikenal capital gain atau selisih harga untung dari jual dikurangi harga beli. Namun yang perlu diingat kalau investasi saham itu cukup rumit dan tidak bisa langsung dimasuki pemula. Yang masih bener-bener Anda harus pandai mengatur strategi cari peluang dan menanggulangi segala kemungkinan bahkan yang terburuk kedepannya.

* Reksadana
Reksadana tergolong jenis investasi yang relatif aman, makanya investor pemula disarankan buat berinvestasi Reksadana terlebih dahulu sebelum memulai ke jenis investasi yang lebih garang. Reksadana itu salah satu investasi yang dapat dimanfaatkan buat mencapai tujuan keuangan Anda. Anda pingin punya rumah sendiri 10 tahun nanti atau bayar kuliah anak di masa depan mulai investasi dari sekarang paling mudah ya mulai instrumen Reksadana ini.

Kenapa, karena investasi reksadana itu dikelola sama seseorang yang namanya manajer investasi atau biasa disebut. Anda itu tak perlu susah-susah memikirkan strategi dalam mengelola dana di Reksadana. Karena yang mengelolanya dan jangan sembarangan, ini ada izinnya jadi jangan sembarangan cari orang yang kayaknya bisa pegang uang, terus dipercaya. Jadi itu ijinnya susah loh, jadi tak bisa sembarangan orang ngaku sebagai manajer.

* Properti rental
Selain berbentuk uang aset juga ada yang dalam wujud benda mati. Contohnya itu aset properti, aset seperti itu memiliki banyak keuntungan buat pemiliknya. Karena harga property akan terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Sangat banyak orang-orang kaya yang muncul dari bisnis properti real estate. Yang paling terkenal itu Robert kiyosaki sang Rich dad poor.

Contoh properti rental itu ya properti yang bisa disewakan seperti apartemen, kontrakan kosan dan sebagainya. Karena kalau anda beli properti tapi memang ditujukan buat ditinggal sebenarnya itu bukan aset yang menguntungkan, namun investor juga perlu memperhatikan beberapa faktor penting sebelum membangun atau membeli suatu aset properti. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk yang misalnya lokasi permintaan pasar bertumbuhan penduduk dan juga harga perolehannya.

* Peralatan
Kadang kita berpikir bahwa kendaraan yang kita beli itu merupakan bentuk pengeluaran yang bersifat foya-foya. Padahal kalau dimanfaatkan dengan baik itu kendaraan bisa jadi aset yang sangat menguntungkan buat pemiliknya. Mobil yang biasa digunakan buat kebutuhan sehari-hari seperti berangkat kerja, mengantar anak sekolah, itu berarti mobil anda itu termasuk dalam kategori aset. Tapi tidak menguntungkan, mobil atau motor bisa menjadi aset yang menguntungkan kalau dipakai buat menghasilkan uang. Seperti misalnya buat jadi driver online di waktu luang atau disewakan kepada orang lain. 

Bahkan sengaja juga dimanfaatkan untuk membuka rental kendaraan online, contoh-contoh lain itu banyak seperti rental konsol dan kaset PlayStation. Karena bisnis rental peralatan ini juga menjadi favorit karena ada tren sharing ekonomi. Gimana kesininya orang itu punya kecenderungan untuk tidak terikat pada barang kecuali dia sudah pasti akan menggunakan barang itu dalam waktu yang lama. Jadi orang punya itu untuk pinjam saja dari pada harus memiliki dan repot ngurusin nya.

* Hak cipta paten dan merek
Hak cipta paten dan merek itu termasuk dalam kategori aset yang tak berwujud. Ketiganya itu hak bagi pembuat karya, baik itu penemuan atau merek dagang tertentu untuk memperoleh hasil dari penjualan atau pengembangannya. Memang buat mendapatkan aset ini perlu usaha yang keras buat menghasilkan barang yang memang cukup layak untuk mendapatkan hak cipta paten dan merek.

Tapi ketika anda mendapatkannya keuntungannya, itu akan terus mengalir ke kantong pihak yang menciptakan hingga kurun waktu yang telah disetujui. Sesuai dengan kontrol sudah disetujui. Nah bagi Anda yang memiliki kreativitas tinggi daftarkan karya anda untuk mendapatkan hak cipta anda akan terus memperoleh keuntungan dari hasil penjualannya meski anda itu tak menghasilkan karya lagi.

* Royalti
Sama seperti hak cipta, royalti itu juga aset yang tak berwujud. Royalti itu tagihan dari keuntungan penjualan suatu ciptaan atas pemberian izin dari pemilik atau pemegang hak cipta kepada pihak yang lain. Jadi misalnya Anda penulis buku, nanti buku itu dikasih royalti hak cipta penulis buku itu akan mendapat persentase dari penjualan buku. Semakin laku bukunya semakin besar pula uang yang diterima oleh penulis buku.

Berlaku juga sebaliknya, contoh yang cukup ramai kemarin itu royalti musik, dimana pencipta musik itu dilindungi hukum dan bahkan untuk cover lagu saja perlu mendapatkan izin karena terkait royalti ini. Makanya bisa dikatakan royalti itu aset yang sama untungkan bagi pemiliknya. Aset ini akan terus menerima keuntungan buat si pembuat karya sesuai saat perjanjian yang tertulis dan sepakati sebelumnya.

* Pengetahuan aset lain yang bentuknya lain terkait sama uang

Pernahkah Anda mendengar ucapan ilmu pengetahuan adalah harta yang paling berharga. Perumpamaannya itu uang dapat membeli sebuah objek tapi bukan proses berpikir atau pengetahuan. Buat menciptakan objek tersebut itulah mengapa pengetahuan lebih unggul. Pengetahuan itu keterampilan yang diperoleh melalui bentuk pengalaman atau pendidikan dalam lingkungan bisnis.

Sekalipun pengetahuan itu merupakan aset yang sangat penting dan tidak tergantikan. Bisa dibayangkan perusahaan prestis yang sebesar Apple kalau tidak punya pengetahuan dari para insan-nya buat bisa menciptakan produk yang berkelas seperti sekarang. Hanya model aset fisik perusahaan KFC itu tidak bisa jadi apa-apa, hal yang sama dapat diamalkan dalam kehidupan personal tentunya kedepannya kita tahu bahwa seseorang itu bisa bangkrut kapan saja.

Karena alasan apapun secara finansial namun tidak mungkin seorang itu bisa kehabisan ilmu pengetahuan. Itu akan selalu menjadikan bagian dari orang tersebut berbagi uang, itu dapat membantu orang untuk sementara tapi berbagi pengetahuan akan membantu orang itu untuk seumur hidup. Bahkan dalam agama, pengetahuan yang berguna itu amal yang terhitung sampai orang yang menggunakannya itu meninggal dunia. Semoga bermanfaat.